Merantau Jadi Berkah Tersendiri Bagi Anak Manja

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Jumat, 18 November 2022
Merantau Jadi Berkah Tersendiri Bagi Anak Manja
Merantau bisa jadi berat tapi punya banyak berkah bagi anak manja. (Foto: Pexels/Alexey Demidov)

JANTUNGMU berdetak begitu keras sampai rasanya tak bisa tidur. Besok adalah hari yang menegangkan, hari ketika kamu harus berpisah dengan orangtuamu dan pergi merantau ke kota orang.

Entah itu karena pendidikan, ataupun pekerjaan. Apapun alasannya, tentu ini bukan keputusan yang menyenangkan bagi kamu yang terbiasa dimanja.

Biasanya kalau lapar, tinggal buka tudung saji. Biasanya kalau kesulitan, tinggal memanggil mama. Biasanya kalau uang jajan habis, bisa langsung minta ke papa.

Nah, kalau hidup sendirian di tanah orang, kamu tidak bisa lagi melakukan hal-hal itu sesuka hati. Sebab, kamu dituntut untuk bisa berpijak di atas kaki sendiri alias mandiri.

Namun, jangan buru-buru berkecil hati, ya. Meskipun merantau bisa jadi sangat berat bagi anak manja, tetap ada berkah yang bisa kamu dapatkan, loh. Sesuatu yang dijamin enggak kamu dapatkan jika masih seatap dengan keluarga.

Baca juga:

Piala Dunia 2022 Qatar Juga Membawa Berkah untuk Warga +62

merantau

Saat merantau, anak harus bisa belajar menyiapkan semuanya sendiri termasuk makanan sehari-hari. (Foto: Pexels/Artem Podrez)

1. Melatih Mental Bertahan Hidup


Saat jauh dari orang tua, mau tidak mau kamu harus berusaha keras mempertahankan hidupmu sendiri. Sebab, kamu tidak bisa mengandalkan orang lain jika terlibat suatu hal atau masalah.

Maka kemampuanmu dalam bertahan hidup akan meningkat dan terasah. Hingga menjadikanmu anak serba bisa dan tidak manja lagi.

2. Punya Pengalaman Baru

Saat berada di kota orang, akan ada banyak hal yang berbeda. Misalnya dari segi makanan, kebiasaan, dan gaya berbicara.

Pada awal memulainya, mungkin kamu akan merasakan culture shock. Selain itu, karena mengerjakan semuanya sendirian, bukan tak mungkin kamu jadi lebih tahu banyak hal dan serba bisa. Nah, pengalamanmu jadi semakin luas, deh.

Baca juga:

Ada Berkah Terselubung Bila Buka-bukaan pada Orang yang Kamu Suka

merantau
Ketika merantau pula kamu jadi bisa punya banyak teman yang berbeda karakter dan latar belakangnya. (Foto: Pexels/Creative Vix)

3. Belajar Beradaptasi dengan Orang Baru


Jika berada di kota besar, biasanya orang dari berbagai daerah berkumpul jadi satu. Di sini, kamu akan sangat mungkin bertemu orang dengan berbagai macam karakter dan latar belakang.

Orang-orang inilah yang akan membuat wawasan serta cara pandangmu jadi lebih terbuka dan memahami bahwa perbedaan tak selamanya buruk. Kamu jadi lebih mudah berbaur dengan orang yang beda sekali pun.

4. Kesempatan Kerja Lebih Terbuka Luas

Saat tinggal di desa atau kota kecil, biasanya lapangan kerja lebih sempit dan hanya itu-itu saja. Nah, di kota besar, kamu bisa beroleh kesempatan kerja yang lebih luas. Orang-orang yang kamu kenal juga bisa jadi relasi baru untukmu dalam mendapatkan posisi tertentu di tempat kerja. (mcl)


Baca juga:

Banjir Kebaikan, Berkah di Hari Ulang Tahun



#November Warga +62 Banjir Berkah
Bagikan
Bagikan