Merah Putih Kasih Foundation Beri Bantuan Rp 3 Miliar untuk RSA dr Lie yang Karam Perwakilan Yayasan Merah Putih Kasih Foundation (MPKF) menyerahkan simbolis bantuan kepada dr Lie Dharmawan (ke-2 dari kiri) sebesar Rp 3 miliar. (MP/Rizki Fitriyanto)

MerahPutih.com - Berita karamnya Rumah Sakit Apung (RSA) dr Lie Dharmawan di perairan Bima, Nusa Tenggara Barat 16 Juni lalu menjadi perhatian publik. Masyarakat merasa prihatin atas kejadian tersebut. Beberapa pihak pun turut mengulurkan bantuan untuk rumah sakit apung pertama di Indonesia yang menjalankan misi mulia itu.

Salah satu pihak yang memberikan bantuan sosial adalah Yayasan Merah Putih Kasih Foundation (MPKF). Tak tanggung-tanggung, organisasi nirlaba yang didirikan Jerry Hermawan Lo dan berbasis di Tangerang itu memberikan bantuan untuk rumah sakit apung Rp 3 miliar.

Baca Juga:

Merah Putih Kasih Foundation Salurkan Bantuan untuk Ringankan Dampak COVID-19

Secara simbolis, bantuan tersebut diserahkan langsung kepada dr Lie Dharmawan di kantor DoctorSHARE di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (30/6).

Pemberian bantuan dari MPKF secara simbolis diserahkan perwakilan yayasan Tommy Paulus Hermawan. Dalam kesempatan itu, Tommy menyampaikan pesan dari Jerry Hermawan Lo, selaku pembina Yayasan MPKF, yang saat itu berhalangan hadir.

“Pak Jerry Hermawan Lo, bapak pembina kami meminta kami untuk menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dr Lie Dharmawan dan tim DoctorSHARE,” ungkap Tommy.

dr lie
Dokumentasi dr Lie Dharmawan dan tim dalam aksi kemanusiaan memberikan layanan kesehatan. (MP/Rizki Fitriyanto)

“Ketika kami mau memberi, ada yang mau menerima. Apalagi yang menerima adalah sebuah yayasan yang sangat mulia bagi kami, yaitu DoctorSHARE. Kita semua tahu DoctorSHARE memiliki sepak terjang dalam memberikan layanan kesehatan untuk saudara kita di pelosok-pelok Tanah Air dengan rumah sakit apungnya,” tambahnya.

Yayasan MPKF, kata Tommy, sangat bangga bisa mendapatkan kesempatan untuk memberikan donasi yang nilainya tidak seberapa, tapi lahir dari hati yang tulus dalam kegiatan kemanusiaan ini.

Tommy berharap, MPKF bisa menjadi donatur tetap untuk membantu keberlangsungan program Rumah Sakit Apung gratis dari DoctorSHARE, serta ikut serta mendukung visi misi mulianya. Yaitu memberikan pelayanan kesehatan gratis terhadap masyarakat yang terletak di wilayah terluar, terpencil, dan tertinggal (3T) di Indonesia.

Donasi yang disumbangkan oleh Yayasan MPKF pun akan disalurkan untuk menggantikan kapal yang karam di Teluk Sape, dalam pelayaran dari Kupang menuju Torano itu.

Kepada wartawan, dr Lie juga mengatakan, karamnya kapal Bahenol (sebutan lain RSA dr Lie Dharmawan) yang telah berlayar sebagai rumah sakit apung pertama sejak 16 Maret 2013 itu membuat banyak orang lebih mengetahui pelayanan medis yang diberikan doctorSHARE selama bertahun-tahun.

Menurutnya, banyak masyarakat yang berada di daerah 3T belum bisa menikmati pelayanan medis yang adil dan memadai. “Padahal pelayanan medis yang adil merupakan hak setiap warga negara yang diatur dalam UUD 1945,” kata dr Lie.

Khusus kepada Yayasan MPKF, dr Lie pun menyampaikan rasa syukur dan terima kasih sebesar-besarnya, atas sumbangsih yang diberikan.

“Hal ini menunjukkan bahwa Pak Jerry Hermawan Lo dan Yayasan MPKF sangat peduli terhadap saudara-saudara kita di daerah terpencil yang membutuhkan bantuan pelayanan kesehatan dari kami,” ungkap Lie kepada MerahPutih.com.

Dokter lie
Rumas Sakit Apung dr Lie Dharmawan. (MP/Rizki Fitriyanto)

Seperti diberitakan sebelumnya, dr Lie Dharmawan, selaku Pendiri dan Pembina doctorSHARE beberapa waktu lalu mengumumkan secara resmi bahwa Kapal Bahenol karam di Perairan Bima, NTB, pada 16 Juni lalu sekitar pukul 14.00 WIT.

“Dalam pelayaran dari Kupang, NTT menuju Torano, Sumbawa Besar, NTB kapal mengalami musibah hingga karam di Perairan Bima. Penyebab persis terjadinya musibah itu sedang kami telusuri,” papar Lie.

RSA dr Lie Dharmawan sebenarnya baru saja menyelesaikan pelayanan medis di Pulau Semau, Kupang – NTT dari tanggal 7 – 14 Juni 2021. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Meski tenggelamnya RSA itu mempengaruhi program yang sedang dan akan dijalankan oleh DoctorSHARE, dr Lie menegaskan bahwa semangat menjangkau wilayah-wilayah pelosok tanah air tidak akan pernah padam.

“Secara manusiawi kita tentunya sangat sedih. Tetapi, saya pastikan semangat DoctorSHARE untuk mebantu orang-orang kecil tetap menggebu-gebu. Kami akan bangkit dan kembali berlayar dengan RSA dr Lie Dharmawan kedua dalam waktu dekat,” tegasnya. (shn)

Baca Juga:

Perangi COVID-19, Merah Putih Kasih Foundation Salurkan Ratusan Barang Bantuan

Penulis : annehs annehs
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
PDIP Minta Anies Buka Tempat Hiburan Malam
Indonesia
PDIP Minta Anies Buka Tempat Hiburan Malam

Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta meminta kepada Pemprov membuka tempat hiburan di tengah situasi Jakarta yang mengalami kontraksi ekonomi.

Penerapan SKIM di Jakarta Mengacu Pada Surat Edaran Satgas COVID-19
Indonesia
Penerapan SKIM di Jakarta Mengacu Pada Surat Edaran Satgas COVID-19

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan penerapan aturan surat izin keluar masuk (SIKM) di Jakarta mengacu kepada Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021.

 Terima Panji TNI dari Hadi, Andika: Saya Akan Berusaha Yang Terbaik
Indonesia
Terima Panji TNI dari Hadi, Andika: Saya Akan Berusaha Yang Terbaik

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan, kesanggupannya untuk melanjutkan program dan tugas Marsekal Hadi Tjahjanto yang sudah dibuat spesifik oleh UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Lokasi Vaksinasi Keliling di DKI Jakarta, Rabu (28/7)
Indonesia
Lokasi Vaksinasi Keliling di DKI Jakarta, Rabu (28/7)

Langkah ini sebagai upaya pemerintah menangani COVID-19

Mudahkan Orang Pelajari Hukum, UMM Bikin Aplikasi Maduhukum
Indonesia
Mudahkan Orang Pelajari Hukum, UMM Bikin Aplikasi Maduhukum

Aplikasi ini juga bisa menghubungkan masyarakat kepada para pakar hukum, sehingga masyarakat bisa langsung berkonsultasi terkait permasalahan hukum yang dialami.

Rusuh Amerika dan Jegal Biden Sebelum Dilantik
Dunia
Rusuh Amerika dan Jegal Biden Sebelum Dilantik

Hasil Pilpres Amerika Serikat, menyisakan riak. Ini membuat Gedung Senat AS, yang mengukuhkan Joe Biden diserbu para pendemo

PPKM Kota Medan di level 2, Nataru Akan Ikuti Perintah Pemerintah Pusat
Indonesia
PPKM Kota Medan di level 2, Nataru Akan Ikuti Perintah Pemerintah Pusat

Pemerintah Kota Medan, hingga kini masih menunggu Instruksi Gubernur Sumatera Utara terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 periode Natal dan Tahun Baru.

Soal Pengganti Panglima Hadi Tjahjanto, Istana Ungkap Sinyal dari Jokowi
Indonesia
Soal Pengganti Panglima Hadi Tjahjanto, Istana Ungkap Sinyal dari Jokowi

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki usia pensiun pada akhir November 2021.

Resmikan Patung Bung Karno, Ini Kata Megawati dan Prabowo
Indonesia
Resmikan Patung Bung Karno, Ini Kata Megawati dan Prabowo

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Proklamator Sukarno sedang menunggang di atas kuda di halaman depan kompleks kantor Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.