Menyusuri Keindahan Bengawan Solo di Desa Mojo Wisata Bahari Mojo membawa pelancong menyusuri Sungai Bengawan Solo. (Foto: wisatalengkap)

DUNIA pariwisata semakin menunjukan geliat yang hebat. Masyarakat mulai mengerti dan memahami bagaimana menjadikan tempat mereka sebagai destinasi wisata. Seperti yang dilakukan oleh warga Desa Mojo, Bojonegoro, Jawa Timur yang membuat atraksi wisata menyusuri Sungai Bengawan Solo yang disebut Wisata Bahari Mojo.

Wisata di Desa Mojo ini mengajak pelancong untuk menikmati pesona Bengawan Solo yang meointasi wilayah ini. Hanya dengan membayar tiket Rp5.000/orang, wisatawan bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan susur sungai. Nikmati juga keindahan pantulan awan dan pepohonan di air sungai. Selama kurang lebih 20 menit, wisatawan diajak menyusuri sungai, termasuk Bendung Gerak Bojonegoro, sebelum akhirnya berputar untuk kembali ke titik awal.

Desa Mojo masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Di kawasan ini ada juga wisata agro bernama Agrowisata Belimbing Ringinrejo. Seperti belimbing, jambu, hingga pisang. Nikmati juga hamparan sawah indah bak lukisan, dan suasana pedesaan yang menyenangkan.

desa mojo
Terdapat pula Agrowisata Belimbing Ringinrejo. 9Foto: alaMasEdy)

Apalagi di desa ini hampir seluruh warganya berprofesi sebagai petani belimbing. Wisatawan yang datang ke kebun belimbing bisa memetik buah sendiri, mencicipi langsung atau dibawa pulang. Terdapat pula aneka olahan belimbing, seperti dodol, sirup dan juice. Produk olahan belimbing itu bisa dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Masih kurang? Di Desa Wisata Mojo ini juga memiliki olahan agro lainnya seperti pisang dan jambu merah. Dua jenis buah itu memiliki banyak produk olahan, seperti keripik pisang manis dan asin.

desa mojo
Bendung Gerak yang ada di kawasan Kalitidu yang masuk dalam Wisata Bahari Mojo. (Foto: instagram@iek3c90)

Untuk memajukan wisata, pemerintah Desa Mojo membangun sarana pendukung berupa jalan lingkungan dan jalan akses menuju kebun belimbing. Fasilitas MCK dan lahan parkir pun sudah memadai. Untuk wisata air, pemerintah desa akan segera membangun plengsengan tambatan perahu untuk lebih memudahkan pengunjung menuju perahu wisata.

Laman Arah Destinasi menuliskan, jarak Desa Wisata Mojo hanya sekitar 26 km dari Kota Bojonegoro atau 12 km dari Kalitidu. Luas wilayahnya sekitar 83.668 hektar. Sebelah utara berbatasan dengan Desa Pagerwesi, Kecamatan Trucuk dan sebelah selatan berbatasan dengan Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu. Di sebelah barat berbatasan dengan Desa Kandangan Kecamatan trucuk dan sebelah timur berbatasan dengan Desa Padang KecamatanTrucuk. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH