Pekan ASI Sedunia

Menyusui Menyenangkan, Lakukan Hal Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 05 Agustus 2018
Menyusui Menyenangkan, Lakukan Hal Ini
Ibu tetap bisa produktif saat menyusui. (foto: pixabay/badarsk)

SAAT menyusui bayi, ruang gerak ibu akan terbatas. Biasanya menyusui dilakukan dalam posisi duduk ataupun tidur miring. Ibu mungkin akan merasa bosan berdiam di posisi tersebut selama menyusui selama 30-45 menit.

Nah, biar menyusui jadi menyangkan, ibu bisa kok melakukan kegiatan menarik berikut selama menyusui.


1. Berinteraksi dengan sang bayi

Tataplah mata bayi, ajak berbicara. (foto: pixabay/badarsk)

Ibu mungkin terlihat seperti bicara sendiri, tapi berbicara dengan si kecil saat menyusui bisa jadi cara untuk menguatkan ikatan Anda dengannya.

Tataplah bayi, bicara kepadanya, bernyanyi, sambil mengelus-elusnya. Jangan lupa berikan senyuman setiap ia melihat wajah kamu. Interaksi itu akan membuat ikatan ibu dan bayi semakin kuat.

Bayi sudah mendengarkan suara ibu selama beberapa bulan terakhir saat dalam rahim. Oleh karena itu, bagi bayi, suara ibu merupakan suara yang paling indah yang pernah ia dengar di dunia.

Meskipun bayi belum bisa mengucapkan sepatah kata pun, bayi tetap perlu mendengar bahasa sebelum mereka dapat mulai berbicara.


2. Baca buku saat menyusui

Sambil menyusui, ibu juga bisa menambah pengetahuan. Bacalah buku, majalah, atau berita terkini yang kamu minati. Dengan begitu, saat menyusui bisa jadi waktu terbaik untuk menambah wawasan. Pilihan yang lebih menyenangkan, membaca buku sambil diiringi musik. Ibu pun jadi semakin rileks saat menyusui.


3. Makan atau ngemil

Makan sambil menyusui memberi ibu asupan nutrisi. (foto:babycenter)

Makan sambil menyusui? Kenapa tidak! Saat bayi menikmati makanannya, ibu bisa menambah asupan agar produksi ASI terjaga. Namun, kamu tetap harus memerhatikan posisi bayi saat disusui.

Jika sulit makan besar, kamu bisa memilih camilan praktis dan sehat, yang kaya protein. Contohnya, kacang-kacangan, yogurt, ayam tanpa tulang agar praktis, dan telur. Pastikan camilan bisa dinikmati hanya dengan satu tangan.

Ingat ya, ibu menyusui tidak boleh malas makan, sebab kebutuhan gizi ibu bukan hanya untuk mencukupi kebutuhan dirinya, melainkan harus memproduksi ASI yang cukup untuk bayinya.

4. Lakukan pekerjaan rumah

Bekerja sambil menyusui juga bisa. (foto: parenting)

Yang satu ini hanya bisa dilakukan ibu yang sudah punya kemampuan yang mumpuni. Sambil menyusui, kamu bisa juga lo menyelesaikan pekerjaan rumah. Manfaatkan gendongan atau baby wrap agar kedua tangan kamu bebas melakukan pekerjaan.

Hal lain yang juga wajib diperhatikan ialah bayi yang bisa digendong sambil bekerja ialah bayi yang sudah bisa menegakkan kepala dengan baik. Jangan melakukan pekerjaan yang membutuhkan gerakan ekstrem. Beberapa pekerjaan rumah yang bisa dilakukan sambil menyusui, antara lain membersihkan meja, menyapu, dan memasak.

5. Ikut beristirahat

Gunakan waktu menyusui untuk beristirahat. (foto: ASDA)

Merawat bayi kerap membuat ibu kekurangan waktu tidur di malam hari. Padahal, tidur yang cukup amat penting untuk kelancaran produksi ASI.

Untuk menebus kekurangan tidur, ibu bisa ikut beristirahat saat bayi tengah menyusu. Duduklah di sofa yang tenang dan nyaman. Gendong bayi dengan kain untuk menjaga agar ia tak terjatuh saat kamu tertidur. Pilihan lain, menyusuilah dalam posisi tidur. Posisi bayi dalam posisi miring, lekatkan perut bayi dengan ibu. Pastikan bayi di posisi nyaman, begitu juga kamu.

Menikmati tidur singkat saat menyusui memberikan ibu waktu guna mengumpulkan energi sehingga siap untuk merawat bayi seharian.

Meskipun butuh perjuangan, menyusui bisa amat menyenangka dan memuaskan buat ibu. Selamat meng-ASI-hi.(dwi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan