Menyenangkan Berolahraga Bareng Anjing Peliharaan Semangatnya ikut membuatmu lebih bersemangat. berolahraga. (Foto: Pixabay/MabelAmber)

ANJING adalah teman olah raga terbaik. Mereka tidak pernah mengeluh, atau menhalang-halangi kamu. Dan mereka selalu bersemangat untuk mengikuti kamu keluar dari pintu rumah.

Energi tersebut dapat memberimu efek positif. Penelitian dari Michigan State University mencatat, dibandingkan dengan orang yang berolahraga tanpa anjing, orang yang menyertakan anjing dalam berolahraga memiliki keuntungan. Pemilik anjing 34% lebih berpeluang untuk mendapatkan 150 menit olahraga yang direkomendasikan dalam seminggu.

Baca Juga:

Ketahui Perilaku Alpha Pada Anjing Peliharaan


Menurut laman health, berolahraga dengan anjing peliharaan memberikan dampak baik bagi kesehatan kamu, walau hanya sekedar mengajak mereka berjalan-jalan santai. Sekedar info berjalan cepat bisa membakar sebanyak 170 kalori dalam setengah jam. Ada banyak kegiatan lain yang bisa kamu dan sahabat berekormu lakukan bersama.


Lari

anjing
Anjing membantu mencapai target olah raga. (Foto: Pexels/Luna Lovegood)


Anjing adalah satwa yang dipengaruhi dengan pola kebiasaan. Misalnya anak anjing mulai diajak lari pagi bersama secara rutin, ia tidak akan membiarkan kamu keluar disaat gerimis. JT Clough, penulis 5K Training Guide: Running with Dogs menjelaskan, anjing akan gembira, mengibaskan ekornya dengan penuh semangat dan membuatmu juga ikut bersemangat.


Bersepeda

anjing
Bersepeda menguatkan otot-ototmu dan merelaksasi sahabatmu. (Foto: Unsplash/Greg Rakozy)

Jika ia terlalu bersemangat saat diajak berjalan-jalan sehingga khawatir lenganmu tertarik, cobalah bersepeda. Bersepeda sangat cocok dilakukan bersama anjing dengan energi yang besar. Sementara disaat mereka benar-benar bersemangat untuk berlari keluar, kamu juga bisa mendapatkan latihan yang hebat (bersepeda bisa membakar 500-lebih kalori per jam) dan membangun otot-otot kaki.

Masalah besar yang biasai dialami anjing adalah jika mereka tidak mendapatkan cukup olahraga. Menurut dokter hewan di Animal Behavior Clinic di Tufts University, latihan aerobik merangsang otak untuk membuat serotonin, hormon yang membantu anjing, terutama mereka yang gelisah atau agresif agar lebih rileks.


Baca Juga:

Biar Dia Enggak Bosan, Ajak Anjing Peliharaan Lakukan 6 Aktivitas Seru Ini


Yoga anjing

anjing
Anjing merespons yoga dengan baik. (Foto: Unsplash/Evieanna Santiago)

Ternyata anjing memiliki respons alami pada latihan yoga. Dalam kelas doga, kamu akan membantunya mencoba lebih banyak gerakan yoga. Tapi sebenarnya doga adalah tentang ikatan antara hewan peliharaan dan manusia.


Sepak bola

anjing
Anjingmu sangat senang bermain bola. (Foto: Unsplash/Dominik Kempf)

Percaya atau tidak, beberapa anjing suka sepak bola, terutama ras penggembala seperti Border Collies dan Australian Shepherds. Setelah sahabatmu belajar untuk menendang atau menggiring bola dengan hidung atau cakarnya. Kamu mendapatkan manfaat kesehatan jantung dengan menggiring bola dan berlomba untuk merebut bola bersamanya. (lgi)

Baca Juga:

Pencinta Anjing, Lakukan 3 Hal ini untuk Menjaga Rumah Bebas Kuman

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH