Kuliner
Menyajikan kembali Cita Rasa Milu Siram Khas Gorontalo Milu siram khas Gorontalo yang mulai dipromosikan lagi. (foto: Instagram @winslicious)

ORANG-orang Sulawesi Tengah mengenal sajian berbahan dasar jagung ini dengan nama Milu Siram. Di bagian lain Pulau Sulawesi, tepatnya di Gorontalo, masakan ini dikenal dengan nama binte biluhuta. Apa pun namanya, sajian ini amat digemari.

Dalam bahasa Gorontalo, binte biluhuta berarti jagung yang disiram. Memang, sajian ini berbahan dasar jagung yang dipipil kemudian dimasak bersama udang. Jagung yang dipakai biasanya jenis jagung pulut atau jagung ketan. Jagung varietas ini punya tekstur lengket dan pulen seperti ketan ketika direbus.

BACA JUGA:

3 Resep Makanan Penutup Khusus Sambut Nataru

Sayangnya, jagung jenis itu kini sulit didapatkan. Banyak petani lebih suka menanam jagung kuning hibrida. Jagung pulut hanya bisa didapatkan di desa-desa tertentu saja. Demikian diungkapkan pelaku UMKM Bakul Goronto yang berdarah Gorontalo Zahra Khan.

Oleh karena itu, ia amat senang ketika Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) bekerja sama dengan sejumlah restoran untuk mengangkat Milu Siram Pulo. LTKL adalah asosiasi pemerintah kabupaten yang diinisiasi oleh pemerintah kabupaten di Indonesia demi mewujudkan target nasional untuk pembangunan lestari secara gotong royong. Kabupaten Gorontalo menjadi salah satu anggota asosiasi pemerintah kabupaten LTKL. Asosiasi itu kemudian membantu kabupaten anggotanya untuk melakukan kampanye terkait dengan bahan pangan lokal.

binte biluhuta
Binte biluhuta, nama lain milu siram. (foto: youtube)

Milu siram merupakan makanan yang masih sangat mungkin dihidupkan. Meski jarang ditemukan, jagung putih masih ada, belum punah. ”Hal yang harus diperhatikan ialah mencari cara meningkatkan semangat petani untuk tanam jagung putih dan jagung kuning lokal Gorontalo. Selama ini ketergantungan terhadap jagung hibrida terbilang tinggi. Para petani perlu didorong untuk menanam varietas lokal,” kata Zahra, yang mendalami ilmu pangan.

Sajian milu siram diracik sedemikian rupa sehingga menghasilkan tiga cita rasa yang berbeda, manis, pedas, dan asin. Untuk menambah gurihnya menu milu siram, ikan cakalang atau tuna yang telah direbus dan dipotong kecil-kecil dijadikan pelengkap. Terkadang, ada juga sajian milu siram yang menggunakan udang sebagai pelengkap.

Bumbu-bumbu penyusun tiga rasa dalam milu siram disajikan di wadah terpisah. Cabai rawit jadi sumber rasa pedas, daun pepaya untuk rasa pahit, dan jeruk nipis perisa asam. Jadi jika kamu suka pedas, tambahkan cabe rawit yang sudah ditumbuk kasar. Demikian juga jika lebih suka rasa pahit, tinggal iris daun pepaya tipis-tipis lalu campurkan ke sup atau langsung untuk lalapan. Jika ingin rasa asam, tambahkan perasan buah jeruk nipis.

milu siram
Milu siram dibuat dari jagung pulut khas Gorontalo. (foto: Instagram @winastwangora)

Rasa yang berpadu harmonis dalam milu siram rupanya punya makna filosofis yang mendalam. Dikisahkan, dahulu kala, raja Kerajaan Gorontalo dan Limboto sering kali berperang. Mereka tak pernah akur. Lewat binte biluhuta, persatuan pun bisa dicapai. Jagung pipil yang bercerai-berai kemudian dipersatukan dalam milu siram yang nikmat. Dari sanalah simbol filosofi persatuan dimaknai.

Mengingat makna dalam sajian milu siram ini, food anthropologist dan peserta MasterChef Indonesia musim 8, Seto Nurseto, menegaskan pentingnya promosi yang terus-menerus. Ia mengatakan cara promosi yang paling efektif adalah melalui acara televisi, yang bisa menjangkau banyak kalangan. "Misalnya, program kuliner yang diselipkan di berbagai acara utama," sarannya.(dwi)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Menyusuri Sungai Amazon Bersama ‘Jungle Cruise’
Fun
Menyusuri Sungai Amazon Bersama ‘Jungle Cruise’

Diadapatasi dari wahana bermain Jungle Cruise Disneyland.

Tips Minta Maaf Kepada Tamu Ketika Hidangan Lebaran 'Zonk'
Fun
Tips Minta Maaf Kepada Tamu Ketika Hidangan Lebaran 'Zonk'

Kenali tips minta maaf pada tamu ketika tak sengaja mendapat 'zonk' ketika menyantap hidangan

CEO Gucci Puji Gaya Kai EXO
ShowBiz
CEO Gucci Puji Gaya Kai EXO

Kai ialah duta merek pertama Gucci di Korea.

Sering Dianggap Sama, Yakitori dan Sate Ayam Ternyata Berbeda
Fun
Sering Dianggap Sama, Yakitori dan Sate Ayam Ternyata Berbeda

Kamu bisa membuat yakitori dan sate ayam di rumah.

Alasan Chloe Zhao Pilih Lagu 'Friends' BTS untuk Soundtrack 'Eternals'
ShowBiz
Alasan Chloe Zhao Pilih Lagu 'Friends' BTS untuk Soundtrack 'Eternals'

Friends adalah lagu yang dinyanyikan Jimin dan V BTS.

Netflix Dapatkan Hak Tayang Film 'The Ice Road' yang Dibintangi Liam Neeson
ShowBiz
Netflix Dapatkan Hak Tayang Film 'The Ice Road' yang Dibintangi Liam Neeson

Netflix mendapatkan film terakhirnya Neeson pada event European Film Market seharga Rp258 milyar.

Ada Kisah dalam Sebuah Ciuman
Hiburan & Gaya Hidup
Ada Kisah dalam Sebuah Ciuman

Kebahagiaan dan sensualitas yang diberikan dari ciuman sangat memikat.

Pink Panda, Anak Muda Berprestasi Melalui K-Pop Dance Cover
Hiburan & Gaya Hidup
Pink Panda, Anak Muda Berprestasi Melalui K-Pop Dance Cover

Mereka sering memenangkan beberapa lomba diadakan untuk para grup dance cover.

SMS Serpong Buka Pendaftaran Manual Brew Throwdown!
Fun
Album Baru The Killers Siap Dirilis
ShowBiz
Album Baru The Killers Siap Dirilis

The Killers resmi mengonfirmasikan bahwa mereka telah menyelesaikan album baru mereka dan direncanakan rilis 2021 ini.