Wisata
Menurut Survei, Inilah 10 Jalan Terkeren di Dunia Majalah Time Out mengeluarkan daftar 10 jalan terkeren dunia.(123RF/efired)

HAMPIR dua tahun terakhir ini, sebagian besar dari kita tidak bisa jauh dari jalan di sekitar tempat tinggal. Entah itu karena PSBB atau PPKM dalam versi biasa, mikro, atau penebalan. Belum lagi larangan mudik dua tahun berturut-turut yang menyebabkan kita terus menetap di kota yang sama selama pandemi.

Bagi kamu yang sedang memimpikan perjalanan internasional, atau hanya bersemangat untuk keluar dari lingkungan rumah menuju pusat kota, Time Out telah mengadakan survei yang dapat memperkaya impian kamu jalan-jalan.

BACA JUGA:

Tips Makan Murah Ketika Traveling Keliling Dunia

Majalah perjalanan Inggris yang diterbitkan oleh Time Out Group itu telah mengumpulkan survei untuk membuat daftar jalan yang paling keren di dunia. Survei itu melibatkan sekitar 27.000 penduduk kota dari seluruh dunia.

Dalam membuat daftar 10 besar, editor Time Out dari setiap destinasi wisata menyurvei semua jalanan yang disarankan, dengan fokus pada sorotan makanan dan minuman di setiap nominasi, serta bagaimana budaya dan kehidupan malam di sana. Tim juga melihat bagaimana setiap jalanan menumbuhkan rasa kebersamaan, yang mungkin menjadi lebih penting semenjak pandemi.

jalan terkeren dunia
Kuliner dan suasana komunitas di Smith Street Melbourne menempatkan jalan ini di posisi teratas. (cnn.com)

Nama teratas dalam daftar ialah Smith Street di Melbourne, Australia. Itu merupakan jalan raya ramai yang terkenal dengan toko-toko indie, bar gay, tempat pertunjukan musik live, dan suasana restoran yang bagus.

Menurut Time Out, cara masyarakat setempat berkumpul di sekitar kawasan bisnis Smith Street selama lockdown Melbourne membantu jalanan itu meraih posisi teratas. Bar koktail kecil Above Board menjadi salah satu tempat di Smith Street yang disorot dalam daftar. Pemilik dan kepala bartendernya, Hayden Lambert, mengatakan kepada CNN Travel (19/6) bahwa timnya 'sangat gembira' dengan berita itu. Ia bahkan memuji 'komunitas fantastis' Smith Street.

"Kami telah lama menyukai area ini dan telah melihatnya berkembang dalam banyak hal selama beberapa tahun terakhir sejak Above Board dibuka pada 2016. Kami merasa kawasan ini merupakan perpaduan budaya, suasana yang baik, dan tempat yang luar biasa," kata Lambert.

Nomor dua dalam daftar ialah Passeig de Sant Joan dari Barcelona. Jalanan Spanyol mungkin tidak setenar Las Ramblas di Barcelona, tetapi Passeig de Sant Joan dikenal sebagai salah satu koridor hijau pertama di kota ini. Jalan tersebut memiliki jalur sepeda, trotoar lebar, pepohonan, dan banyak tempat duduk di luar ruangan. Saat ini, jalanan tersebut juga menjadi tuan rumah pasar kuliner Mercat de l'Abaceria.

jalan terkeren dunia
Seni jalanan yang memukau membantu San Isidro di Havana, Kuba mengamankan posisi nomor empat. (timeout.com)

Di nomor tiga dalam daftar ialah South Bank, London, jalan raya si sisi sungai Thames yang ramai, rumah bagi London's National Theatre dan Shakespeare's Globe. Keduanya destinasi itu bersiap membuka panggung untuk pada musim panas ini seiring Inggris secara bertahap melonggarkan pembatasan COVID-19.

Jalur pejalan kaki di London itu juga terkenal dengan pemandangan St Paul's Cathedral yang memukau di seberang sungai, dan memiliki banyak makanan dan minuman luar dan dalam ruangan yang nikmat.

Sementara itu, seni jalanan yang memukau membantu San Isidro di Havana, Kuba, mengamankan posisi nomor empat dalam daftar. Di nomor lima ialah Sunset Boulevard yang luas di Los Angeles, salah satu jalan paling terkenal di kota California, AS.

Local Pride

jalan terkeren dunia
Asia Tenggara masuk daftar dengan Haji Lane, Singapura, di nomor delapan. (123RF/efired)

Tahun ini, Time Out membuat peringkat jalan paling keren di dunia untuk pertama kali, meskipun perusahaan ini dikenal karena menghasilkan rangkuman tahunan kawasan paling keren di dunia.

Untuk 2021, Time Out mengatakan mereka ingin 'menggali sedikit dan bahkan lebih lokal'. Untuk setiap jalan, perusahaan telah merekomendasikan hal terbaik untuk dilakukan, mulai dari mengunjungi kompleks seni WORM di Rotterdam (nomor 6) hingga minum es kopi di Bellapan Bakery di Rua Três Rios, São Paulo (nomor 7) hingga menjelajahi surga multilevel bagi pecinta buku Ler Devagar, bagian dari Pabrik LX di Rua Rodrigues de Faria di Lisbon (nomor 9).

Time Out menyebut jalanan sebagai mikrokosmos dari segala sesuatu yang kita sukai tentang kota. "Pada tahun ketika mimpi perjalanan pupus dan kami harus tinggal lebih banyak di rumah, mereka membantu kami merasa seperti kami merupakan bagian dari sesuatu yang lebih besar juga," ungkap mereka.

Berikut daftar 10 jalan paling keren versi Time Out.

1. Smith Street, Melbourne, Australia

2. Passeig de Sant Joan, Barcelona, Spanyol

3. South Bank, London, Inggris

4. San Isidro, Havana, Kuba

5. Sunset Boulevard, Los Angeles, AS

6. Witte de Withstraat, Rotterdam, Belanda

7. Rua Três Rios, So Paulo, Brasil

8. Haji Lane, Singapura

9. Rua Rodrigues de Faria, Lisbon, Portugal

10. Calle Thames, Buenos Aires, Argentina.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
ONIC Esports X AYE Denim Hadirkan Koleksi 'Cross Introduction'
Fashion
ONIC Esports X AYE Denim Hadirkan Koleksi 'Cross Introduction'

Memperkenalkan kembali kultur e-Sports dan Fesyen yang dibalut dengan kreasi desain ikonik.

WhatsApp Segera Hadirkan Fitur Shop Ala Instagram
Fun
WhatsApp Segera Hadirkan Fitur Shop Ala Instagram

Fitur Shop akan didukung pembaruan WhatsApp Business.

Olivia Rodrigo Umumkan Tanggal 'Sour Tour'
ShowBiz
Olivia Rodrigo Umumkan Tanggal 'Sour Tour'

Rodrigo adalah orang termuda kedua yang menerima tujuh nominasi untuk Grammy Awards 2022

Menjadi Lucu, Namun Tetap Apa Adanya Ketika Nge-Date
Fun
Menjadi Lucu, Namun Tetap Apa Adanya Ketika Nge-Date

Mana yang sudah pernah kamu lakukan?

Mode Gelap Facebook Mendadak Hilang, Ada Apa?
Fun
Mode Gelap Facebook Mendadak Hilang, Ada Apa?

Mode gelap aplikasi Facebook mendadak lenyap sepeti tanpa pemberitahuan apa pun.

Voice of Baceprot Siap Tampil di Konser Virtual
ShowBiz
Voice of Baceprot Siap Tampil di Konser Virtual

Berbagai kejutan tengah disiapkan untuk konser tersebut.

Instagram Dorong Pengguna Bikin Finsta
Hiburan & Gaya Hidup
Instagram Dorong Pengguna Bikin Finsta

Finsta telah lama menjadi bagian dari dunia Instagram.

Karakter Baru Berkulit Hitam Sesame Street Bukti Antirasialisme
Fun
Karakter Baru Berkulit Hitam Sesame Street Bukti Antirasialisme

Mereka ialah seorang ayah keturunan Afrika-Amerika bernama Elijah dan putranya, Wes.

Hindari Melakukan Ini agar Pengalaman Melancong Maksimal
Fun
Hindari Melakukan Ini agar Pengalaman Melancong Maksimal

Jangan sia-siakan kesempatan melancong kamu.

Dracula Simia, Anggrek  dengan Wajah Monyet
Hiburan & Gaya Hidup
Dracula Simia, Anggrek dengan Wajah Monyet

Mimikri tanaman angrek ini menarik lalat agas jamur.