Berjalan Kaki Singkat di Pantai Meningkatkan Kesehatan Mental Orang yang tinggal di dekat pantai merasa lebih bahagia. (Foto: Pixabay/adamkontor)

PARA peneliti dan psikolog mengatakan bahwa berjumpa dengan alam setiap hari adalah cara yang bagus untuk meningkatkan suasana hati kamu.

Termasuk jalan-jalan yang menyenangkan di pantai. Menurut laman Metro, penelitian dari Institut Barcelona untuk Kesehatan Global menemukan berjalan kaki singkat di pantai dapat memberi manfaat bagi kesehatan mental kamu secara keseluruhan dan melawan depresi.

Baca juga:

Anti Galau Selama Pandemi, Yuk Ikuti Kelas Daring Negara Paling Bahagia di Dunia

jalan
Dalam membuat mental lebih sehat. (Foto: Unsplash/Bennett Dungan)

Dituliskan bahwa apa yang disebut "ruang biru" ini merupakan kunci untuk kualitas hidup yang lebih baik. Kabarnya orang yang tinggal di dekat pantai lebih bahagia. Jadi, tidak mengherankan jika berjalan-jalan di pantai sebenarnya cara yang baik untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Menurut Metro, para peneliti memantau 60 responden sebelum, selama, dan setelah menghabiskan 20 menit sehari di lingkungan yang berbeda. Studi yang memakan waktu tiga minggu itu menempatkan responden di pantai pada minggu pertama. Berjalan kaki di kota di minggu kedua. Lalu di minggu ketiga beristirahat di dalam ruangan.

Para peneliti mengukur tekanan darah dan detak jantung para responden bersamaan dengan serangkaian pertanyaan tentang suasana hati mereka secara keseluruhan. Berjalan kaki di pantai tidak menghasilkan manfaat jantung yang besar. Namun mencatat bahwa para peserta memiliki suasana hati yang lebih baik secara keseluruhan.

Baca juga:

5 Tempat Wisata Dunia Ini Bikin Tubuh Bugar

jalan
Suasana hati yang lebih baik secara keseluruhan. (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Tim juga mencatat bahwa studi masih belum sempurna, dibutuhkan penelitian lebih dalam lagi. "Hasil kami menunjukkan bahwa manfaat psikologis dari aktivitas fisik bervariasi sesuai dengan jenis lingkungan di mana itu dilakukan. Dalam hal ini, ruang biru lebih baik daripada ruang perkotaan. Secara khusus, setelah berjalan-jalan singkat di pantai di Barcelona, para peserta melaporkan peningkatan pada suasana hati, vitalitas, dan kesehatan mental mereka," jelas pimpinan penelitian Dr. Mark Nieuwenhuijsen.

Menurut Metro, sekitar 55 persen dari populasi dunia sekarang tinggal di perkotaan. Sehingga manfaat ruang biru bisa menjadi bagian integral dari keseluruhan kesejahteraan orang di seluruh dunia.

Jika memungkinkan, berjalan-jalan di pantai bisa menjadi cara yang baik untuk secara alami membantu kesehatan mental kamu. Terutama selama masa ketidakpastian ini. Jika kamu memutuskan untuk keluar rumah di saat pandemi virus corona, yang terbaik adalah mengamati jarak sosial yang tepat dan mengenakan masker wajah. (lgi)

Baca juga:

Jangan Minum ini Sebelum Tidur!

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH