Menurut Penelitian, Perempuan Suka Selfie yang Tidak Natural

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 13 Oktober 2020
Menurut Penelitian, Perempuan Suka Selfie yang Tidak Natural
Perempuan cenderung menggunakan aplikasi cantik untuk selfie. (Foto: Pexels/Tommy Huang)

SELFIE menjadi kegiatan yang wajib dimana saja dan kapan saja. DIlakukan baik perempuan maupun pria. Sayangnya terkadang hasil yang natural tidak memuaskan mata, apalagi hendak diunggah ke media sosial. Maka perlu adanya proses editing agar foto terlihat ciamik.

Menurut survei Girlguiding's annual Girls' Attitudes yang dilansir dari laman metro.co.uk, melibatkan 2.186 perempuan membuktikan bahwa tidak akan memposting foto selfie tanpa menggunakan filter atau aplikasi yang membuat terlihat cantik.

Baca Juga:

Benarkah Hobi Selfie Tanda Gangguan Narsistik?

selfie
Sepertiga wanita tidak suka selfie tanpa filter. (Foto: Pixabay/laura6)

Selain itu, sebanyak 33% mengatakan, jika mengunggah foto tersebut dan mendapatkan komentar, like yang sedikit atau tidak memberikan "kesan yang positif" maka akan segera dihapus dari media sosial. Lalu, sebanyak 40%, responden berharap ingin terlihat seperti foto yang mereka sudah edit di kehidupan nyata.

Survei yang kabarnya belum selesai ini rencananya dirilis secara penuh ke publik pada akhir September. Lalu, untuk survei tahunan, responden diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang kehidupan mereka sehari-hari, dan sejauh mana mereka mengerti tentang isu yang sedang dihadapi di tahun 2020.

Jawaban responden, terjadi peningkatan terhadap kegiatan secara online atau daring selama masa lockdown. Ditambah dengan foto-foto wanita yang diposting secara online yang jelas tidak realistik membuat wanita di Inggris merasa iri dan tertekan.

Baca Juga:

Indonesia harus mencontoh! Harus Selfie Pakai Masker Kalau Naik Taksi Online

selfie
Peran influencer menjadikan foto selfie harus indah. (Foto: Pixabay/pasja1000)

Advokat Girlguiding Phoebe Kent merasa bahwa terjadinya hal ini karena peran influencer di dunia maya yang membuat para perempuan sulit menerima diri mereka apa adanya.

"Aku pikir sekarang karena aku sudah dewasa dan bisa mengkritik segala hal yang aku lihat di dunia maya, tapi untuk gadis muda ini adalah hantaman keras yang mengoyahkan kepercayaan diri mereka," ungkap Phoebe.

Phoebe juga menyampaikan bahwa banyak remaja perempuan yang keluar dari media sosial karena mereka tidak tahan dengan apa yang mereka lihat di media sosial. Ini berakibat pada kepercayaan dan kesejahteraan mereka menjadi hancur. Tentu hal ini berdampak pada kesehatan mental. (ray)

Baca Juga:

Mengapa Banyak Perempuan Memposting Foto Selfie Hitam-Putih?

#Selfie #Foto Selfie #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan