Sains
Menurut Penelitian, Penyuka Kopi Hitam itu Genetis Penyuka kopi hitam memang sudah ada dalam genetikanya. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)

KAMU lebih suka kopi hitam? Maka kamu mungkin juga menyukai dark chocolate yang pahit. Demikian menurut penelitian baru yang mengidentifikasi dasar genetik untuk preferensi rasa pahit.

Kalau ternyata secara genetis kamu suka pahit, maka selamat! Kamu secara genetik beruntung karena menyukai sesuatu yang mungkin menawarkan dorongan menuju kesehatan yang baik. Hal ini dinyatakan dalam peneliti mengenai kafein oleh Marilyn Cornelis, seorang associate professor of preventive medicine di Northwestern University Feinberg School of Medicine, AS.

Baca Juga:

Resep Minuman Vegan dari TikTok yang Wajib Kamu Coba!

minum
Orang dengan gen yang memetabolisme kafein lebih cepat, lebih suka kopi hitam. (Foto: Pexels/Nasik Lababan)

Penelitian menemukan kopi hitam dalam jumlah sedang, antara tiga dan lima cangkir setiap hari, terbukti menurunkan risiko penyakit tertentu. Seperti Parkinson, penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker. Namun, manfaat tersebut kemungkinan akan lebih terasa jika kopi bebas dari semua susu, gula, dan perasa lain sering kamu tambahkan.

“Kami tahu ada semakin banyak bukti yang menunjukkan ada dampak menguntungkan dari konsumsi kopi terhadap kesehatan. Namun, siapa pun yang menyarankan kopi biasanya akan mengatakan untuk mengonsumsi kopi hitam karena ada perbedaan antara kopi hitam dan kopi dengan susu serta gula," kata Cornelis.

"Yang pertama bebas kalori secara alami. Yang kedua mungkin menambahkan ratusan kalori ke kopimu, dan manfaat kesehatannya bisa sangat berbeda," tambahnya.

Baca Juga:

Smoothies Kopi Cocok untuk Sarapan dan Asupan Kafeinmu

Gen untuk kopi

minum
Gen yang sama ditemukan pada orang yang lebih suka teh biasa daripada teh manis. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Dalam penelitian sebelumnya, Cornelis dan timnya menemukan bahwa varian genetik dapat berkontribusi mengapa beberapa orang menikmati sejumlah cangkir kopi sehari, sementara yang lain tidak.

"Orang dengan gen tersebut memetabolisme kafein lebih cepat, sehingga efek stimulasinya hilang lebih cepat, dan mereka perlu minum lebih banyak kopi," katanya.

"Ini bisa menjelaskan mengapa beberapa individu tampaknya baik-baik saja mengonsumsi lebih banyak kopi dibandingkan dengan orang lain yang mungkin merasa gelisah atau menjadi sangat cemas," Cornelis menjelaskan.

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan di Nature Scientific Reports, Cornelis menganalisis jenis peminum kopi yang lebih tepat, memisahkan pecinta kopi hitam dari pecinta kopi dengan krim dan gula.

"Kami menemukan peminum kopi dengan varian genetik yang mencerminkan metabolisme kafein yang lebih cepat, lebih menyukai kopi hitam yang pahit," kata Cornelis. "Kami juga menemukan varian genetik yang sama pada orang yang lebih suka teh biasa daripada teh manis, serta dark chocolate daripada milk chocolate yang rasanya lebih lembut."

Makanan pahit dan dorongan mental

minum
Dark chocolate mengandung kafein, tetapi lebih banyak senyawa yang disebut theobromine. (Foto: Unsplash/Dovile Ramoskaite)

Cornelis dan timnya tidak menganggap preferensi itu ada hubungannya dengan rasa kopi atau teh hitam biasa. Sebaliknya, katanya, orang dengan gen ini lebih memilih kopi hitam dan teh karena mereka mengaitkan rasa pahit dengan peningkatan kewaspadaan mental yang mereka dambakan dari kafein.

"Penafsiran kami adalah orang-orang ini menyamakan kepahitan alami kafein dengan efek psiko-stimulasi," kata Cornelis, "Mereka belajar mengasosiasikan kepahitan dengan kafein dan dorongan yang mereka rasakan. Kami melihat efek yang dipelajari."

Hal yang sama berlaku untuk preferensi dark chocolate daripada milk chocolate, tambahnya. "Ketika mereka memikirkan kafein, mereka memikirkan rasa pahit, jadi mereka juga menikmati dark chocolate," kata Cornelis, "Mungkin saja orang-orang ini sangat sensitif terhadap efek kafein dan mereka juga memiliki perilaku yang dipelajari dengan makanan pahit lain."

Dark chocolate mengandung kafein, tetapi lebih banyak senyawa yang disebut theobromine, stimulan sistem saraf yang berhubungan dengan kafein. Lebih banyak tidak lebih baik bila itu theobromine. Penelitian menemukan, dosis yang lebih tinggi dapat meningkatkan detak jantung dan merusak suasana hati.

Cokelat jenis ini juga penuh kalori, jadi mengurangi konsumsinya baik untuk lingkar pinggang. Namun, penelitian menemukan bahwa bahkan gigitan kecil dark chocolate sehari berkontribusi pada kesehatan jantung dan mengurangi risiko diabetes.

Hal itu mungkin karena kakao mengandung banyak flavanol (epicatechin dan catechin), senyawa antioksidan yang diketahui dapat meningkatkan aliran darah. Makanan lain yang mengandung flavanol termasuk teh hijau, teh oolong, teh hitam, anggur merah, kubis, bawang merah, buah beri, buah jeruk, dan kedelai.

Studi selanjutnya akan mencoba untuk mengatasi preferensi genetik untuk makanan pahit lainnya, kata Cornelis. Makanan seperti itu umumnya terkait dengan lebih banyak manfaat kesehatan.

"Ini mungkin menunjukkan bahwa individu yang secara genetik cenderung mengonsumsi lebih banyak kopi juga melakukan perilaku sehat lain," katanya. (aru)

Baca Juga:

Mengenal Arak Bali dan Cara Menikmatinya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tiga Film Marvel Ini Ada Kaitannya dengan 'Shang-Chi'
Fun
Tiga Film Marvel Ini Ada Kaitannya dengan 'Shang-Chi'

Biar kamu paham siapa itu 'Shang-Chi'.

Citra Perempuan Tangguh Indonesia dalam Niti Senja Karya Denny Wirawan
Fashion
Citra Perempuan Tangguh Indonesia dalam Niti Senja Karya Denny Wirawan

Mengeksplorasi kain adati dalam gaya kasual, simpel, dan elegan.

 Crispy Chicken Salad dan Smoothies ala Lily Minarosa
Kuliner
Crispy Chicken Salad dan Smoothies ala Lily Minarosa

Food blogger ini bagi-bagi resep untuk kamu.

Menginap bersama 1 Juta Lebah, Berani Coba?
Travel
Menginap bersama 1 Juta Lebah, Berani Coba?

Sebuah perusahaan peternakan lebah membuat penginapan yang dihuni oleh lebih dari 1 juta lebah.

Mengintip Spesifikasi Motherboard iGame Z690D5 Ultra
Fun
Mengintip Spesifikasi Motherboard iGame Z690D5 Ultra

Motherboard iGame Z690D5 dibuat untuk memenuhi kebutuhan para gamers yang menginginkan PC dengan performa tinggi

Pencinta K-Drama Mesti Melancong ke 4 Tempat Ini
Fun
Pencinta K-Drama Mesti Melancong ke 4 Tempat Ini

Tempat wisata yang menjadi lokasi syuting K-Drama.

4 Cara Jitu untuk Tingkatkan Pola Pikir Kritis
Fun
4 Cara Jitu untuk Tingkatkan Pola Pikir Kritis

Kamu harus memiliki pola pikir kritis dalam hidup ini.

Brodo Vantage hanya ada di USS 2021
Fashion
Brodo Vantage hanya ada di USS 2021

Brand sneakers asal Bandung ini usung tema Vintage.

Kayu Putih Bukan Hanya untuk Minyak Gosok
Fun
Kayu Putih Bukan Hanya untuk Minyak Gosok

Sebagian besar spesies kayu putih adalah tanaman yang selalu hijau.

Tren 2022 Menurut Prediksi Fashion Desainer
Fashion
Tren 2022 Menurut Prediksi Fashion Desainer

Para penata gaya selebriti dan pendiri rumah mode akan membagikan informasi tentang tren busana yang akan hits