Menurut BPS, Pengangguran Tertinggi Lulusan SMK Sejumlah pencari kerja mencatat data lowongan kerja di arena Job Fair Dinas Tenaga Kerja Provinsi Banten, di Serang, Rabu (7/10). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/nz/15

MerahPutih Peristiwa - Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini (5/11) merilis tingkat pengangguran di Gedung BPS, Jalan Dr Sutomo Jakarta Pusat. Berdasarkan data yang dipaparkan, tingkat pengangguran terbuka (TPT) menurut pendidikan, tertinggi terjadi pada tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Data yang tercatat mencapai 12,65 persen dibandingkan dengan Agustus 2014 sebesar 11,24 persen dari total jumlah pengangguran.

"Kalau sekolah jurusan kan dia spesialis. Nah, ketika lapangan kerja sesuai keahlian dia tidak ada, maka dia sulit untuk cari kerja ke sektor lain, jadi tidak fleksibel," tutur Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenaga Kerjaan BPS Razali Ritonga‎ ditemui di Gedung BPS, Jakarta Pusat, Kamis, (5/11).

Masih berdasarkan data BPS, urutan kedua paling banyak ditempati lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebesar 10,32 persen.

Selanjutnya diikuti oleh lulusan Diploma I/III 7,54 persen, Universitas 6,40 persen, Sekolah Menengah Pertama 6,22 persen dan sekolah dasar kebawah 2,74 persen.

"Artinya tingkat pengangguran yang mengalami penurunan hanya terjadi pada lulusan SD," pungkasnya. (Rfd)

Baca Juga:

  1. Lima Sektor Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi
  2. Ekonomi Indonesia Tumbuh 4,73 Persen
  3. Besok Sore, Paket Kebijakan Ekonomi Jilid VI Diumumkan
  4. Menko Akui Penerimaan Pajak Belum Capai Target
  5. Dua Bulan Keluarkan 6 Paket Ekonomi, Pemerintah Bantah Keblinger


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH