Menurunkan Berat Badan ala 'Predator', Ketahui Fakta Diet Karnivora Mengulik manfaat diet karnivora bagi tubuh (Foto: Pixabay/Ritae)

MENARIK perhatian warganet, kemunculan tren diet karnivora diminati banyak orang yang ingin menurunkan berat badan tetapi tidak menyukai sayuran. Diet karnivora yakni hanya menyantap menu tinggi lemak dan protein. Orang yang gagal dalam diet ketogenik (tinggi lemak, tetapi rendah karbohidrat) akan merekomendasikan diet karnivora ini dengan ragam efek samping, baik dan buruknya. Biasanya, diet karnivora hanya mencakup produk hewani seperti daging sapi, ayam, dan kambing.

Menurut laman woodpath, diet karnivora ini menghilangkan karbohidrat karena tubuh tidak membutuhkan vitamin A untuk mengatur metabolisme. Diet ini mencari sumber energi lain dengan cara membakar cadangan lemak menjadi keton (asam untuk energi dari lemak). Tubuh akan membuang kelebihan protein dan menjadikannya sebagai glukosa atau karbohidrat secara alami.

Baca juga:

Rutinitas Pagi yang Gampang Dilakukan untuk Menurunkan Berat Badan

Maka dari itu, tubuh akan mengolah lemak dan protein dengan baik, bukan menyimpannya. Meski begitu, tahukah kamu dampak baik dan buruknya kalau melakukan diet karnivora ini? Simaklah deretan fakta berikut ini seperti yang dilansir dari laman alodokter.

1. Makan lemak dan protein menurunkan berat badan

Menurunkan Berat Badan ala 'Predator', Ketahui Fakta Diet Karnivora
Diet karnivora hanya menyantap makanan yang mengandung lemak dan protein (Foto: Unsplash/Jose Ignacio Pompe)

Mengonsumsi makanan yang terbebas dari karbohidrat mampu menurunkan berat badan lebih cepat daripada diet rendah lemak. Penurunan berat badan dikarenakan berkurangnya konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti biskuit, kue, permen ataupun pasta.

Baca juga:

Cara Menurunkan Berat Badan Ini hanyalah Mitos Belaka

Meski begitu, mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan protein saja menimbulkan banyak perdebatan dalam bidang kesehatan.

2. Mengurangi beberapa permasalahan tubuh

Menurunkan Berat Badan ala 'Predator', Ketahui Fakta Diet Karnivora
Mengurangi depresi dengan melakukan diet karnivora (Foto: Unsplash/Yuris Alhumaydy)

Tak hanya menurunkan berat badan, diet karnivora juga memiliki manfaat untuk mengurangi keluhan atau gejala tubuh seperti depresi.

Baca juga:

Sulit Menurunkan Berat Badan? Coba Metode Diet 5:2

Tak hanya itu, menurut studi nature communications dalam laman woodpath, diet karnivora juga membantu mengurangi peradangan otak dan baik untuk meningkatkan hormon pada laki-laki.

3. Beresiko mengganggu kesehatan tubuh

Menurunkan Berat Badan ala 'Predator', Ketahui Fakta Diet Karnivora
Konsultasikan ke layanan kesehatan terdekatmu (Foto: Pexels/Rawpixels)

Kurangnya nutrisi, vitamin dan serat dalam tubuh menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan. Beberapa penyakit diantaranya ialah meningkatkan darah tinggi atau hipertensi, sembelit dan lainnya.

Baca juga:

Tak Baik Menurunkan Berat Badan

Hal ini dikarenakan tingginya kadar lemak jahat (LDL) yang berpotensi mengganggu sistem kardiovaskular. Tak hanya itu, sembelit akibat diet karnivora ini terjadi karena kurangnya mengonsumsi makanan dari tumbuhan. (dys)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH