Menundukkan Medan 70 derajat, Demi Awan Di Bawah Puncak Cikuray Komunitas 5 Menit di puncak Cikuray dengan pemandangan indah. (Foto : merahputih.com/Tasdik Garut)

Inilah salah satu primadona para pendaki gunung di Jawa Barat.  Mendaki puncak Gunung Cikuray di Kabupaten Garut.

Gunung dengan ketinggian 2.821 Meter Di atas Permukaan Laut (MDPL) itu ternyata memiliki keindahan pemandangan yang sulit dicari duanya.

Saat mencapai puncak Cikuray, tengah malam dengan kondisi cerah, semua kelelahan dan masalah ketika mendaki, langsung terbayar lunas.    

Ketua Komunitas 5 (lima) menit  Risky Ahmad Bahtiar, Mahasiswa FIKOM Universitas Garut, mengatakan pendakian melalui trek Komplek Pemancar Kaki gunung Cikuray,  memakan waktu sekitar sembilan jam.

Menurut Risky yang sudah beberapa kali ke puncak Cikuray menyarankan, jika ingin mendaki,  waktu pemberangkatan terbaik adalah sore hari mulai pukul 15.00 WIB. Tetapi pendaki harus waspada karena saat sore hari cenderung terjadi cuaca ekstrim yang bisa mengancam keamanan para pendaki.

" Ya, sore hari tantangan kita adalah cuaca ekstrim, tetapi memang harus dilakukan agar target mengejar suasana malam di puncak Gunung Cikurai  bisa tercapai," jelas Risky pada merahputih.com, Senin (28 Nov).

Pendaki juga harus menyiapkan fisik yang kuat, agar bisa berkompromi dengan medan daki yang memiliki kemiringan sekitar 70 derajat. Apalagi suhu udara bisa mencapai 15 derajat celcius (satu derajat di bawah standar suhu AC terendah). Dalam kondisi normal para pendaki bisa tiba di puncak Cikuray sekitar pukul 23.00 WIB.

 

Komunitas 5 Menit mejeng di puncak Cikuray setelah matahari terbit. Terlihat awan di belakang dan bawah mereka. (Foto : merahputih.com/Tasdik Garut)

"Kita ngecamp di sana sambil beristirahat sekaligus menikmati pemandangan indah dari puncak Cikuray, " seru pemuda berusia 21 tahun itu.

Risky mengingatkan agar tidak melewatkan pemandangan negeri di atas awan, yang biasanya hanya berlangsung beberapa jam saja di pagi hari. Pemandangan spektakuler, melihat awan berada di bawah sementara keberadaan puncak Cikuray mulai tersinari mentari pagi.

"Inilah angan-angan para pendaki gunung mencapai puncak Cikuray, agar bisa menyaksikan pemandangan indah negeri di atas awan, " ucapnya.

Diakui Rizky, dia dan teman-temannya sudah beberapa kali melakukan pendakian tetapi gagal menikmati keindahan malam dan pagi di puncak Cikuray karena cuaca buruk.

"Baru pendakian ini, kami bisa mengambil momen indahnya puncak Cikuray, " terang Rizky sambil tersenyum. (Tasdik Garut/dsyamil)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH