Menunda Rapikan Diri Sampai Lupa Sekarang Sudah Sekolah Tatap Muka

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Senin, 24 Januari 2022
Menunda Rapikan Diri Sampai Lupa Sekarang Sudah Sekolah Tatap Muka
Saat PTM sudah pasti siswanya dilarang gondrong. (Unsplash-Dwi Rina)

LEBIH kurang dua tahun sekolah dari rumah. Pandemi memaksa kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring dari rumah. Alhasil, para siswa jadi terbiasa bertatap muka lewat layar laptop dan sering mengecek tugas di grup whatsapp kelas.

Baca juga:

Jangan Tunda Pakai Sunscreen Walau Hanya di Rumah

Di masa awal pembelajaran daring banyak terjadi pemakluman karena beberapa pihak harus beradaptasi dengan gawai elektronik, perangkat lunak, dan semuanya mengandalakan jaringan internet.

Bahkan ketika pandemi baru melanda, pemakluman terjadi pada hal-hal di luar teknis gawai elektronik. Semisal soal kerapihan, beberapa siswa laki-laki diperbolehkan berambut panjang karena tak mungkin pergi ke tukang cukur karena berisiko terpapar COVID-19.

PTM
PTM jadi ajang bersih dan rapikan diri. (Unsplash-Ed Us)

Terkait kerapian, sekolah daring memang jauh berbeda dengan ketika sekolah tatap muka karena ketika kegiatan dilakukan di rumah nan harus terlihat rapi hanya semata di layar pertemuan daring. Bawahannya, kadang pakai celana pendek, pakai legging, atau celana santai lainnya.

Kadang malah enggak mandi. Cukup cuci muka lalu mengaktifkan kamera ponsel atau laptop. Terus mulai deh belajar daring.

Baca juga:

Jangan Menunda Vaksin COVID-19 Bagi Anak

Namun kegiatan tersebut tidak akan terjadi saat sudah sekolah tatap muka. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah mulai diberlakukan meski belakangan beberapa sekolah terpaksa melakukan evaluasi terkait meningginya kasus siswa tepapar Omicron.

PTM
PTM membuat siswa kembali merapikan diri. (UnsplashMufid Majnun)

Meski begitu, saat PTM berlangsung tak sedikit siswa terbiasa dengan gaya hidup sekolah daring sehingga berkait kerapian dinomorduakan.

Nah, jangan lupa mencukur kumis atau berewok jika sudah lebat. Tak sedikit anak sekolah sekarang sudah berewokan karena hasil alamiah atau menggunakan obat khusus demi mengejar tren. Boleh saja berewokan, tetapi tetap harus rapi agar orang lain nyaman memandang.

Mencukur kumis juga tak kalah pentingnya. Kadang sehabis mencukur kumis wajah jadi terlihat lebih segar. Bisa pula kumis tidak dipangkas habis. Paling tidak dirapikan bagian tepinya agar tidak mengganggu aktivitas di sekitar bibir.

PTM
Rapikan diri sebenarnya dilakukan kapan saja, tak perlu menunggu PTM. (Unsplash-Ed Us)

Bagian perlu dirapikan lainnya, kuku. Memang tampak sepele, tetapi justru sangat penting apalagi di masa pandemi. Bagian dalam kuku biasanya menyimpan kotoran nan selain tak enak dipandang juga berisiko menyimpan bakteri.

Di masa pandemi, kebersihan tangan apalagi kuku jadi sangat penting agar tak menjadi perantara penularan virus. (frs)

Baca juga:

Berkaca dari Ghozali, Yuk Jangan Tunda Belajar Hard Skills di Era Digital

#Januari +62 Bicara Yang Tertunda #Tren Fesyen #Fashion
Bagikan
Bagikan