Kesehatan Mental
Menulis Buku Harian Juga Healing Menulis jurnal harian bermanfaat untuk kesehatan mental.(pexels JESHOOTS.com)

KESEHATAN mental menjadi hal kini mulai diperhatikan. Ketika masa pandemi tak kunjung usai, tak sedikit dari kita yang mulai menyadari betapa kesehatan mental butuh dijaga. Healing, demikian sih istilah kekinian untuk proses penyembuhan diri dari kesedihan dan luka batin. Ada banyak cara untuk healing. Ada yang memilih pergi berwisata, ada juga yang lebih suka menuangkannya dalam tulisan. Ya, menulis buku harian atau jurnal juga bisa jalan healing.

Menulis diary merupakan salah satu kegiatan yang menjadi tempat aman untuk seseorang mengekspresikan keraguan dan ketakutan yang sedang dialami tanpa takut dihakimi. Banyak remaja yang memilih menuliskan apa yang sedang dirasakan di buku harian. Namun, saat beranjak dewasa, tak sedikit yang mulai meninggalkan kegiatan ini.

Menulis jurnal harian yang bersifat lebih pribadi daripada buku harian ternyata punya manfaat. Menulis jurnal harian dapat membantu seseorang untuk memisahkan dan menjernihkan pikiran melankolis yang melintas di hati dan pikiran. Mengekspresikan diri merupakan salah satu cara yang sehat untuk mengatasi emosi. Membuat jurnal dapat membantumu meringankan rasa sakit yang kamu alami.

BACA JUGA:

Sutradara Sebut 'Spider-Man: No Way Home' Sebagai Film untuk Healing

Seperti dilansir Pinkvilla, Jurnal harian bisa menjadi tempat sampah untuk pembuangan isi otak. Kamu bisa menulis jurnal sebagai cara mengungkapkan emosi ketimbang hanya memendamnya sendirian. Emosi yang terpendam bisa berbahaya bagi kesehatan mentalmu. Dengan menulis, kamu mampu mengatur pikiran dan perasaan di atas kertas sehingga otak tidak dipenuhi dengan berbagai pertanyaan atau spekulasi. Menulis apa yang kamu pikirkan memungkinkan kamu mengidentifikasi pikiran dan keyakinan pemicu stres yang merupakan distrosi dari kenyataan.

kesehatan mental
Dengan menulis, kamu bisa mengurangi sedikit kecemasan atau ketakutan. (pexels Ron Lach)

Selain itu, menulis buku harian membantu seseorang untuk bangkit dari masa sulit. Saat menulis, seseorang bisa melepaskan emosi negatif yang terpendam, membuatnya tetap dalam pikiran yang lebih positif dan membantu dalam pengembangan penyangga antara pikiran negatif dan perasaan. Menuliskan kekhawatiran yang kamu alami di jurnal dapat menenangkan dan membantu kamu untuk menemukan solusi tentang masalah yang sedang dihadapi. Dengan menulis, kamu menjadi lebih mudah mengelola perasaanmu.

Tak perlu ragu untuk menulis. Kamu bisa mencorat-coretkan apa saja yang menurutmu benar. Kamu tidak perlu mengikuti tren yang seperti apa atau mendengarkan omongan orang lain. Ingatlah, jurnal harianmu merupakan ruang pribadi tempat kamu dapat berbicara tentang apa pun yang kamu inginkan untuk mengekspresikan diri. Biarkan pikiran dan perasaanmu mengalir dengan bebas. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan kesalahan ejaan atau apa pun yang mungkin akan dipikirkan orang lain nanti.

Lebih jauh, menulis jurnal bisa meningkatkan suasana hatimu. Kamu tidak harus menulis jurnal hanya dengan keresahan atau sesuatu yang menganggumu, tetapi kamu juga bisa menuliskan sesuatu yang positif atau kebahagian walau hanya sesuatu yang kecil, seperti menulis puisi atau kutipan yang kamu suka. Menuliskan sesuatu yang positif akan membuat suasana hatimu membaik serta membuatmu menjadi lebih bersyukur atas hal-hal yang membuatmu bahagia, seperti secangkir kopi yang nikmat atau melihat matahri terbit yang indah.

menulis
Tuliskan perasaan meskipun hanya kebahagiaan kecil. (pexels Zen Chung)

Di masa kini, membuat jurnal tidak melulu dilakukan di sebuah kertas atau buku. Kamu juga bisa kok menulis jurnal di ponsel atau laptop. Menuliskan pemikiran baik di kertas, laptop, atau ponsel dapat membantumu menghilangkan stres. Kecepatan keyboard mungkin bekerja lebih baik. Meskipun demikian, tujuan akhir dari menulis ini ialah membuat pikiran lebih tenang, mengurangi perasaan tertekan, dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Tentunya akan ada sensasi berbeda ketika menulis langsung di buku ataupun mengetik di ponsel. Jadi ikuti saja kata hatimu, kamu bisa menulis di mana saja yang menurutmu nyaman.

Kamu bisa menjadikan jurnal sebagai aktivitas rutinitas harian dengan menjadwalkan nya di waktu kosong. Seperti saat menikmati kopi, kamu bisa membiasakan untuk menulis beberapa baris sambil menyesap kopimu. Kamu juga bisa menuliskan jurnalmu sesaat sebelum tidur.(pid)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ekspedisi Cornelis de Houtman Awali Penjajahan Hindia-Belanda
Fun
Ekspedisi Cornelis de Houtman Awali Penjajahan Hindia-Belanda

Empat kapal pedagang yang dipimpin De Houtman pergi menuju Hindia.

JTBC Luncurkan Program Music 'K-909'
ShowBiz
JTBC Luncurkan Program Music 'K-909'

K-909 akan menayangkan sisi lain idol K-Pop.

Restoran Masakan Rusia di AS dapat Serangan Ancaman Pembunuhan
Fun
Restoran Masakan Rusia di AS dapat Serangan Ancaman Pembunuhan

Beberapa restoran terpaksa mengganti kata 'Rusia' dengan 'Eropa Timur' pada nama atau menunya.

Netflix Bakal Segera Rilis Peaky Blinders Season 6
ShowBiz
Netflix Bakal Segera Rilis Peaky Blinders Season 6

Peaky Blinders season 6 dikabarkan bakal segera hadir di Netflix pada Juni 2022 mendatang.

Final Fantasy dan Assassin's Creed Bergabung ke Magic: The Gathering
Fun
Final Fantasy dan Assassin's Creed Bergabung ke Magic: The Gathering

Karakter Final Fantasy dan Assasin's Creed hadir di kartu Magic: The Gathering.

Apple Akan Kurangi Produksi iPhone dan AirPods, Ada Apa?
Hiburan & Gaya Hidup
Apple Akan Kurangi Produksi iPhone dan AirPods, Ada Apa?

Ponsel iPhone SE merupakan unit yang terdampak dari rencana tersebut

4 Red Flag di K-drama yang Mesti Kamu Hindari di Kehidupan Nyata
Fun
4 Red Flag di K-drama yang Mesti Kamu Hindari di Kehidupan Nyata

ada beberapa karakter yang akan memberikan masalah.

Review Samsung Galaxy A12 Lengkap dengan Model Firmware
Fun
Review Samsung Galaxy A12 Lengkap dengan Model Firmware

termasuk kinerja Android juga akan menjadi lebih stabil dari sistem yang ada sebelumnya.

Pongki Barata Lepas Single 'Irama Asmara' untuk Berdansa
ShowBiz
Kak Seto Imbau Orangtua Lebih Selektif dalam Memilih Daycare
Fun
Kak Seto Imbau Orangtua Lebih Selektif dalam Memilih Daycare

Pesan Kak Seto sebelum orangtua berencana menitipkan anak di daycare.