Menuju Indonesia 4.0, HIPMI Akan Gelar Diklatda 2018 Foto Diklatda HIPMI Jaya. (Istimewa)

MerahPutih.com - Seiring dengan berkembangnya anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan semakin banyaknya tantangan dunia usaha dan organisasi, maka diperlukan juga kader yang berkualitas untuk menggerakannya.

HIPMI yang merupakan organisasi kader, dimana memerlukan perangkat terstandarisasi untuk proses kaderisasi dengan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi anggota dan pengurus dari tingkat BPC, BPD, BPP HIPMI. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Panitia Diklatda HIPMI, Irvan Nugroho Wicaksono.

"Hasil dari Diklat ini diharapkan dapat menciptakan pengusaha yang tangguh, profesional dan negarawan. Maka HIPMI Jakarta Raya akan mengadakan Diklat Perkaderan yang kami namakan Pendidikan dan Pelatihan Kader Organisasi Tingkat Daerah (Diklatda)," katanya di Jakarta (13/3).

Irvan melanjutkan, pada kesempatan Diklatda kali ini HIPMI Jaya mengambil Tema 'Partisipasi Pengusaha Muda Jakarta Menuju Indonesia 4.0'. Tema ini diambil karena perubahan dunia saat ini sudah sangat-sangat cepat. Tanpa disadari, sudah memasuki Revolusi Industri keempat atau sering disebut Revolusi Industri 4.0.

Logo Hipmi. Foto: ANTARA
Logo Hipmi. Foto: ANTARA

"Hal ini ditandai dengan hadirnya robot-robot pintar yang dapat meringankan pekerjaan manusia, kendaraan tanpa pengemudi, berbagai aplikasi berbasis artificial intellegence dan lain sebagainya," katanya.

Revolusi Industri ini, kata Irvan mempunyai sisi baik, dimana sebagai manusia memanfaatkan teknologi yang ada untuk kemajuan dan kehidupan yang lebih baik lagi. Revolusi Industri keempat merupakan era digital, dimana ketika semua mesin terhubung dengan internet atau cyber system.

"Dengan adanya Revolusi Industri Keempat ini, kita semua sebagai Pengusaha Muda Indonesia tentunya dituntut untuk lebih fleksibel dan antusias serta tidak apatis terhadap Revolusi Industri Keempat ini," jelasnya.

Maka dari itu, ungkap Irvan, HIPMI Jaya berkewajiban memberikan Pendidikan dan Pelatihan para Kader Organisasi Tingkat Daerah agar para Kader-kader HIPMI Jaya mempunyai strategi-strategi yang mumpuni untuk menghadapi Revolusi Industri yang Keempat.

Sebagai informasi, Acara Diklatda HIPMI Jaya akan diadakan di Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place tanggal 12 April 2018 jam 11.00-22.00 WIB.

Acara ini dikemas dengan format konferensi, talkshow dan keynote speech dari tokoh-tokoh pemerintahan, pelaku dunia usaha dan pemimpin pemimpin inspiratif yang dapat memberikan strategi-strategi yang mumpuni untuk menghadapi Revolusi Industri yang Keempat. (*)

Baca juga berita terkait di: Sandi Uno: Saya Bangga Anak HIPMI ke Balai Kota Bukan Minta Proyek


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH