Menuju Hub: Stasiun Tersibuk di Indonesia, Manggarai, makin Disesaki 'Anker' Menjelang pengembangan menjadi stasiun sentral atau hub, para penumpang masih kebingungan. (krl.co.id)

BELAKANGAN ini kerusuhan di stasiun tersibuk di Indonesia semakin menjadi-jadi. Keluhan para anak kereta yang disebut 'anker' semakin ramai, terutama dari mereka yang terpaksa berganti kereta akibat adanya perubahan pola transit.

Pada Rabu (1/6), pengguna KRL disebut mendominasi. Hingga pukul 16.00 WIB, ada sebanyak 260.626 orang, sedangkan volume pengguna pada Senin-Selasa sebelumnya sebanyak 605.527 orang dan 611.410 orang.

BACA JUGA:

Disebut Presiden Jokowi Jadi Pangan Alternatif, ini Manfaat Kesehatan Sorgum

Menjelang pengembangan menjadi stasiun sentral atau hub, para penumpang masih kebingungan dan belum terbiasa berganti kereta berdasarkan pengaturan peron yang baru. Diberitakan, nantinya stasiun yang akan dijadikan stasiun sentral ini akan dibangun menjadi 18 peron.

stasiun manggarai
Selain melayani KRL Jabodetabek, Manggarai akan menjadi pemberhentian terakhir semua kereta jarak jauh. (krl.co.id)

Pihak VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan banyaknya jumlah peron tersebut membuat pola transit di Stasiun Manggarai tidak memungkinkan jika tetap menggunakan cara manual, yaitu menyebrangi rel. Pasalnya, hal itu dapat menghambat laju kereta yang melintas dan mengancam keselamatan penumpang. Oleh karena itu, pola transit di stasiun ini diubah menjadi pola vertikal. Penumpang KRL, bila ingin transit, hanya perlu naik atau turun peron.

Untuk memudahkan mobilitas saat transit penumpang, telah disiapkan sejumlah tangga, eskalator, dan lift karena stasiun akan dibangun menjadi tiga lantai. Hingga akhir Mei, proses pembangunan Stasiun Manggarai sudah mencapai 60 persen dan sedang dilakukan pengerjaan switch over kelima (SO 5).

Stasiun Manggarai melayani perhentian KRL Commuter Line tujuan Jakarta Kota, Bogor, Tanah Abang, dan Bekasi. Nantinya, ketika menjadi stasiun sentral, Manggarai akan menggantikan Stasiun Gambir. Tidak akan ada lagi kereta jarak jauh yang masuk ke Gambir, Manggarai akan menjadi pemberhentian terakhir semua kereta jarak jauh.

Sejarah Stasiun Manggarai

stasiun manggarai
Selain melayani KRL Jabodetabek, Stasiun Manggarai akan menjadi pemberhentian terakhir semua kereta jarak jauh. (krl.co.id)

Selain menjadi stasiun tersibuk, seperti beberapa stasiun di Jakarta, Manggarai telah ditetapkan sebagai cagar budaya karena mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

BACA JUGA:

Bima Arya Keluarkan Aturan Baru Baju Dinas, Brand Lokal Makin Unjuk Gigi

Pembangunan Stasiun Manggarai dimulai pada 1914 yang dipimpin arsitek Belanda bernama Ir J Van Gendt. Selain stasiun, dibangun pula balai yasa dan rumah-rumah dinas pegawai perusahaan kereta api negara, Staatssporwegen (SS). Pada 1 Mei 1918, Stasiun Manggarai diresmikan.

Sebenarnya pada waktu peresmian, stasiun ini masih jauh dari selesai, karena sang arsitek, Van Gendt merancang tiang peron berbahan baja. Namun, karena Perang Dunia I bergejolak, pasokan baja dari Eropa tidak datang sehingga digunakan kayu jati sebagai pengganti tiang peron.

Bertepatan ulang tahun ke-50 SS, perusahaan ini mengoperasikan kereta listrik pertama kali dengan lintas Jakarta-Tanjung Priok. SS melanjutkan proyek elektrifikasi sampai Stasiun Manggarai yang rampung pada 1 Mei 1927.

Beberapa peristiwa sejarah terjadi di lokasi ini. Stasiun Manggarai merupakan stasiun awal keberangkatan pemindahan ibu kota sementara ke Yogyakarta pada 4 Januari 1946. Segala persiapan rahasia untuk perjalanan presiden dan wakil presiden kala itu dilaksanakan di stasiun ini.

Selain itu, Panglima Besar Jenderal Soedirman pernah singgah di Stasiun Manggarai dalam rangka menghadiri perundingan gencatan senjata di Jakarta. Kedatangan Sang Panglima dan rombongan di Stasiun Manggarai pada 1 November 1946 disambut sorak sorai rakyat Indonesia.(aru)

BACA JUGA:

Jepang Terima Kembali Wisatawan, Simak Persyaratannya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Akhirnya Borderland 3 Mendukung Crossplay untuk Konsol PlayStation
ShowBiz
Akhirnya Borderland 3 Mendukung Crossplay untuk Konsol PlayStation

Gim ini adalah sekuel dari Borderlands 2 (2012), dan entri keempat dalam seri utama Borderlands.

Supaya Lebih Awet, Cari Pacar yang Selevel
Fun
Supaya Lebih Awet, Cari Pacar yang Selevel

Saat mencari pacar sempurna, mungkin kamu tidak mendapatkan apa yang diinginkan.

Cara Tidur Nyenyak bagi Pria Usia 40-an
Fun
Cara Tidur Nyenyak bagi Pria Usia 40-an

Berapa banyak tidur yang seseorang dapatkan cenderung menurun seiring dengan usia.

Buku Manual Game PlayStation 2 Dilestarikan dengan Resolusi 4K
Fun
Buku Manual Game PlayStation 2 Dilestarikan dengan Resolusi 4K

Buku manual itu telah diperbarui dengan resolusi hingga 4K

Kecanggihan Bermain Xbox di iPhone dan iPad Diluncurkan
Fun
Kecanggihan Bermain Xbox di iPhone dan iPad Diluncurkan

Aplikasi Xbox baru tersedia di App Store yang menyertakan fitur bermain jarak jauh.

Facebook dan Instagram Tak akan Memotong Pendapatan Kreator hingga 2024
Fun
BLACKPINK Jadi Idola K-Pop Pertama Tampil di BST Hyde Park
ShowBiz
Tur Konser Slank di Makassar Berjalan Sukses dan Kondusif
ShowBiz
Tur Konser Slank di Makassar Berjalan Sukses dan Kondusif

Band beranggotakan Bimbim, Kaka, Abdee, Ivanka, dan Ridho sukses menebarkan ‘senyum indah’ kepada warga Makassar.

DESEMBER CHARGER
Hiburan & Gaya Hidup
DESEMBER CHARGER

Penting untuk setiap orang bisa 'mengisi daya' agar bisa berkembang di tahun 2023 karena diprediksi banyak rintangan.

Grammy Beri Penghormatan untuk Taylor Hawkins
ShowBiz
Grammy Beri Penghormatan untuk Taylor Hawkins

Taylor Hawkins meninggal di usia 50 tahun.