Kuliner
Menu Vegetarian Rumahan yang Simple, Sehat dan Enak Menu vegetarian dapat tampil dalam berbagai sajian lezat. (Foto: Unsplash/Farhad Ibrahimzade)

GAYA hidup vegetarian sering dianggap mahal dan tidak sehat karena sulit mendapatkan gizi. Padahal, jika dipelajari lebih lanjut, gaya hidup ini malah lebih sehat dibandingkan gaya hidup pada umumnya. Hanya saja orang-orang yang memiliki gaya hidup vegetarian kesulitan mencari makanan diluar sehingga diharusnya memasak sendiri.

Meskipun menu makanan vegetarian lebih sederhana, kamu tidak perlu khawatir karena nutrisi yang diperoleh tidak berbeda. Untuk memenuhi nutrisi yang cukup bagi tubuh, maka memilih menu yang tepat harus sangat diperhatikan. Berikut ini beberapa contoh menu vegetarian yang bisa kamu coba di rumah.

Baca Juga:

Wajib Coba nih, 3 Resep Berbahan Bayam

1. Nasi goreng

menu
Menu yang sangat umum dan mudah dibuat. (Foto: Unsplash/Joice Kelly)

Menu ini mudah dibuat dan sering kali disantap sehari-hari. Menu yang dianggap “suka-suka“ ini sangat sesuai untuk dikonsumsi, karena nasi goreng dapat disesuaikan berdasarkan keinginan masing-masing. Membuat nasi goreng ala vegetarian artinya tidak perlu menggunakan potongan daging ayam ataupun telur. Jadi, untuk membuat nasi goreng yang lebih dari sekedar sederhana, kamu dapat menambahkan potongan wortel, kacang polong, jagung, dan lain-lain. Perlu diingat, untuk tidak menggunakan minyak goreng yang terlalu banyak, karena dapat membuat tenggorokan terasa panas.

2. Sayur bening

menu
Sayur bening dapat menambah asupan vitamin dan mineral(Foto: Instagram@reguancha)

Menu yang satu ini dapat menenangkan perut saat disantap dan proses pembuatannya pun tidak menghabiskan banyak waktu. Kamu hanya perlu merebus air hingga mendidih, lalu memasukan bumbu-bumbu dapur yang sudah dihancurkan seperti bawang merah, bawang putih, kencur, dan lain-lain. Setelah itu, masukan sayur bayam dan jagung yang telah dipotong-potong atau diparut sesuai dengan keinginan. Sayur bening dapat menambah asupan vitamin dan mineral bagi tubuh, ditambah lagi dengan kuahnya yang hangat dan juga tekstur sayurnya yang lembut di lidah.

3. Tempe orek

menu
Tempe orek kaya protein. (Foto: Instagram@duniakulinersurabaya)

Harga tempe yang tidak seberapa tetapi kaya dengan protein dan selalu berhasil membuat perut kenyang. Cukup tambahkan bahan dasar seperti kecap manis, gula pasir, cabai merah, cabai hijau, dan daun salam, sudah dapat menghasilkan menu yang bergizi. Pengolahannya pun mudah, yang harus dilakukan pertama adalah memasak tempe hingga kering atau kamu juga bisa menggorengnya, disusul dengan bumbu dapur yang telah tersedia kemudian dicampurkan. Kecap manis dan gula yang digunakan dapat diberikan sesuai dengan selera. Menu tempe orek yang kaya protein siap untuk disantap!

4. Semur tahu

menu
Semur tahu yang rendah karbo. (Foto: Instagram@bagas_momm)

Semur bisa terbuat dari apapun selain daging seperti semur tahu ini. Kandungan nutrisi yang terdapat pada semur tahu pun tidak kalah tinggi untuk kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram tahu terdapat 10,9 protein, 80 kalori, 223 miligram kalsium, 183 miligram fosfor, serta rendah karbohidrat. Jika ingin semakin memperkaya nutrisi, kamu bisa menambahkan tempe pada olahan semur.

Baca Juga:

Kaya Serat Sehat, ini 3 Jenis Oat yang Baik untuk Tubuh

5. Sambal goreng kentang

menu
Memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang baik bagi tubuh. (Foto: Resep Masako)

Jika kamu adalah pecinta makanan pedas, sambal goreng kentang ini siap membuat kamu segar. Kentang yang menjadi bahan utama pada menu ini, memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang baik bagi tubuh. Tentunya dapat membuat kamu tetap segar selama beraktivitas. Jika biasanya sambal goreng kentang akan terasa sempurna jika dikombinasi dengan hati dan ayam, bagi kamu yang vegetarian dapat menggantikannya dengan tahu atau tempe.

6. Pepes tahu jamur

menu
Memberikan asupan protein yang baik. (Foto: Instagram@nahiilahsnack)

Pepes tahu jamur yang memiliki bahan dasar tahu, jamur, dan berbagai sayuran hijau lainnya. Masakan ini memiliki protein yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Jika dikombinasikan dengan aneka bumbu dan rempah-rempah lain seperti kemangi, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan juga lengkuas, pepes tahu jamur, dapat memberikan kesan rasa yang lebih lezat. Kamu juga dapat menggunakan jamur kancing yang diiris halus untuk membuat menu ini.

7. Smoothie kurma

menu
Minuman ini baik bagi jantung. (Foto: Instagram@kurma_rutob_kelantan)

Selain menu utama, terdapat pula menu vegetarian yang cocok untuk dijadikan hidangan penutup. Salah satunya adalah smoothie kurma. Mungkin anda jarang mendengar buah kurma dijadikan smoothie. Namun buah yang sering dijadikan sebagai takjil memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk membuat smoothie kurma, cukup sediakan buah kurma, oat, dan almond yang kaya akan serat. Minuman ini baik bagi jantung dan dapat memompa energi tubuh selama beraktivitas. (Tel)

Baca Juga:

10 Hidangan Nasi Paling Populer se-Asia, Masakan Indonesia Mendominasi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Menikmati Kuliner Malam di Braga
Hiburan & Gaya Hidup
Menikmati Kuliner Malam di Braga

Sebuah pathwalk dikhususkan bagi pengunjung ajang Braga Culinary Night.

5 Olahan Daging Kambing untuk Hari Raya Idul Adha
Kuliner
5 Olahan Daging Kambing untuk Hari Raya Idul Adha

Sajian olahan daging kambing selera nusantara.

Gunung Kidul Siap Buka Objek Wisata Besar- Besaran
Travel
Gunung Kidul Siap Buka Objek Wisata Besar- Besaran

Objek wisata di wilayah ini siap menyambut wisatawan yang berlibur.

Destinasi Wisata Curug Seeng Tasikmalaya, Pesona Alam Tanah Sunda
Travel
Destinasi Wisata Curug Seeng Tasikmalaya, Pesona Alam Tanah Sunda

Curug Seeng yang menawarkan pesona alam Tasikmalaya.

Pecalang Gagah Amankan Nyepi
Hiburan & Gaya Hidup
Pecalang Gagah Amankan Nyepi

Sebagai pengamanan adat, pecalang punya tampilan khas.

Pedagang Keliling Ungkap Keberadaannya Lewat 'Jingle'
Kuliner
Pedagang Keliling Ungkap Keberadaannya Lewat 'Jingle'

Pedagang keliling memiliki 'jingle' untuk memikat hati pembeli.

Tiga Camilan Khas Belanda yang Bisa Jadi Teman Akhir Pekanmu
Kuliner
Tiga Camilan Khas Belanda yang Bisa Jadi Teman Akhir Pekanmu

Salah satunya Belanda. Negeri Kincir Angin itu punya beberapa makanan ringan yang lezat, tak biasa dan menggugah selera.

 Kerupuk Mi, Takjil Favorit si Penggemar Makanan Asin
Kuliner
Kerupuk Mi, Takjil Favorit si Penggemar Makanan Asin

Kerupuk asal Bogor ini emang legendaris banget.

Tulehu, Desa Pencetak Pesepak Bola Berbakat
Travel
Tulehu, Desa Pencetak Pesepak Bola Berbakat

Di sana, semua anak laki-laki pasti sangat gemar memainkan si kulit bundar dan bermimpi menjadi atlet sepak bola nasional.

Orang Indonesia Ajarkan Warga Inggris Buat Lemper di Rice and Spice Festival
Kuliner
Orang Indonesia Ajarkan Warga Inggris Buat Lemper di Rice and Spice Festival

Lemper mencuri perhatian di Rice and Spice Festival.