Resep Olahan Kurma untuk Buka Puasa yang Istimewa Sticky Date Cake with Toffee Sauce, sajian spesial untuk berbuka puasa (Foto: gulfnews)

KURMA, buah yang tak pernah absen saat bulan ramadan ini menjadi favorit banyak orang dari segala kalangan. Kita bisa menikmatinya langsung sebagai pengganti energi yang hilang setelah seharian berpuasa atau mengolahnya menjadi menu spesial tertentu yang menjadikannya lebih menggiurkan.

Menu spesial yang resepnya akan diperkenalkan berikut ini memiliki rasa rumahan yang tentunya tak melupakan suasana ramadan. Sticky Date Cake with Toffee Sauce, cocok dinikmati bersama keluarga atau teman sebagai menu spesial buka puasa.

Menu Spesial Kurma untuk Buka Puasa, Sticky Date Cake
Sticky Date Cake with Toffee Sauce (Foto: gulfnews)

Resep menu spesial ini mudah untuk dibuat dan sangat fleksibel. Ketika sudah menguasai cara membuatnya, kamu bisa melakukan eksperimen dengan menggunakan bahan-bahan lain seperti buah-buahan atau cokelat.

Lebih manis dari kue cokelat pada umumnya, namun menu yang satu ini teksturnya lebih ringan. Membutuhkan waktu 15-20 menit untuk menyiapkan menu spesial kurma ini, yuk pelajari cara membuatnya!

Bahan Baku:

225g kurma tanpa biji

1 sdt bikarbonat soda

200ml air mendidih

85g mentega lunak

Gula bubuk 130g

2 butir telur

160g tepung terigu serbaguna

10g baking powder

½ sdt 7 spices (bumbu khas Mediterania)

½ sdt Bubuk kayu manis

Krim 30ml

Saus Toffee

115g Gula merah

115g mentega

150ml Krim

Cara Membuat:

Panaskan oven hingga 180?C. Olesi ramekin atau kaleng cupcake dengan mentega.

Tempatkan kurma dan soda bikarbonat dalam mangkuk tahan panas. Tuangkan di atas air mendidih. Biarkan selama 5 hingga 10 menit atau sampai lunak, tiriskan dan hancurkan kurma menggunakan garpu.

Dalam mangkuk terpisah, tempatkan mentega lunak dan gula bubuk, kocok hingga tercampur rata dan halus.

Tambahkan telur satu per satu dan terus kocok setelah setiap penambahan.

Tambahkan bahan kering (tepung, baking powder, 7 spices dan bubuk kayu manis). Aduk sampai semua tercampur rata.

Aduk krim dan kurma tumbuk ke dalam campuran.

Tempatkan campuran ke dalam ramekin yang telah diberi mentega dan panggang selama 15 -20 menit, lakukan pengecekan menggunakan tusuk seperti membuat kue pada umumnya.

Untuk saus, panaskan krim dengan lembut dalam wajan. Tambahkan gula dan mentega dan aduk sampai gula benar-benar larut. Biarkan mendidih dalam api kecil hingga konsistensi kental.

Untuk menghidangkannya, tempatkan kue ke piring, siram dengan saus toffee di atasnya. Menu kurma spesial kurma ini siap disajikan untk buka puasa yang juga spesial. (ADP)

Kredit : anandadimas


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH