Menu Sayur Ketupat Maknyus saat Lebaran Ketupat. (Foto: iStyle)

HARI Raya Idulfitri atau Lebaran Idulfitri merupakan hari yang membahagiakan bagi umat muslim. Setelah sebulan lamanya berpuasa, ditutup dengan salat Idulfitri kemudian bersilaturahmi saling maaf memaafkan atau dalam tradisi kita halal bihalal.

Hal lain yang memeriahkan Lebaran yaitu kuliner ketupat. Ketupat sudah identik dengan makanan Lebaran. Ketupat biasa disajikan bersama opor atau sayur ketupa. Ada beragam sayur tergantung bahan dan resep daerah masing-masing.

Berikut merahputih.com sajikan 5 menu sayur lezat utuk makan ketupat di Lebaran, dilansir iStyle;

1. Sayur Ketupat

Sayur ketupat. (istyle.id)
Sayur ketupat. (Foto: iStyle)

Sayur ketupat menjadi hal yang paling umum untuk dinikmati ketika Lebaran. Entah di rumah atau saat bersilaturahmi ke keluarga jauh, sayur ketupat lebih dominan menjadi menu utama yang cocok dimakan dengan ketupat. Rasa rempah-rempah yang cukup kental, akan menambah selera makan kamu ketika menyicipnya.

2. Ketupat Soto Banjar

Ketupat soto Banjar. (istyle.id)
Ketupat soto Banjar. (Foto: iStyle)

Lain halnya dengan sayur ketupat, ternyata soto banjar juga cocok dinikmati dengan ketupat. Soto dengan aroma kayumanis di kuahnya akan semakin terasa enak jika disantap bersama lontong ketupat. Makan ketupat dengan soto banjar, pasti buat kamu ketagihan.

3. Gulai Ayam

Gulai ayam. (istyle.id)
Gulai ayam. (Foto: iStyle)

Gulai ayam juga cocok dimakan bersama ketupat. Kuah sayur yang banyak dan kuah santan yang kental akan menambah cita rasa dari gulai ayam, sehingga menu makanan ini sering kali menjadi menu utama ketika Lebaran, terutama untuk menjamu tamu yang datang saat silaturahmi.

4. Sayur Ketupat Betawi

Sayung ketupat Betawi. (istyle.id)
Sayur ketupat Betawi. (Foto: iStyle)

Kamu yang berasal dari Betawi pasti enggak asing dengan sayur ketupat Betawi yang satu ini. Sayur ketupat Betawi selalu menjadi menu andalan ketika lebaran tiba. Sayur dengan aroma sereh dan santan yang berpadu akan menambah cita rasa dari sayur ini, sehingga sangat cocok dimakan dengan ketupat.

5. Ketupat Kuah Kari

Ketupat kuah kari. (istyle.id)
Ketupat kuah kari. (Foto: iStyle)

Kuah kari juga sangat cocok dimakan bersama ketupat. Bagi kamu penyuka kari, silakan dicoba menu satu ini untuk menjadi makanan santap bersama ketupat ketika lebaran tiba. Aroma jahe, santan dan kunyit yang dipadukan akan menjadi cita rasa khas yang ada di kuah kari ini. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tren Kecantikan Korea 2018, Inspirasi Penampilan Saat Lebaran

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH