Menu Makanan yang Harus Dipatuhi Penderita Diabetes Sayuran dianjurkan untuk penderita diabetes (Foto: Unsplash/Inigo De la Maza)

PENDERITA diabetes harus mematuhi menu makanan ini agar kadar gula darah terkontrol. Sembarangan mengonsumsi makanan bisa membuat kadar gula meningkat. Kadar gula yang tinggi bisa memberikan dampak kesehatan seperti kelelahan, pusing, kersuakan syaraf, penyakit ginjal, hingga penyakit jantung.

Tidak jarang juga kadar gula yang tinggi dapat membuat mata penderita diabetes terganggu. Penderita juga terkena infeksi. Ujung-ujungnya ada juga penderita diabetes yang kehilangan kesadaran hingga membuat mereka mengalami koma jika sudah memiliki kadar gula tinggi.

Baca juga:

Satu dari Tiga Orang dengan Diabetes Melitus Berisiko Buta

Kunci mengatasi diabetes ialah mematuhi menu makanan yang dibolehkan oleh dokter. Dengan begitu, kadar gula bisa tetap terkontrol. Penderita diabetes harus mengonsumsi makanan bergizi yang rendah kalori dan lemak. Demikian menurut laman Alodokter.

1. Makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes

Oatmeal aman untuk penderita diabetes (Foto: Unsplash/Daria Nepriakhina)

Ada banyak makanan yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Contohnya seperti makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks semisal nasi merah, oatmeal, roti, dan sereal dari biji-bijian utuh. Daging juga aman untuk penderita diabetes, asalkan dagingnya tanpa lemak dan untuk daging ayam harus tanpa kulit.

Semua jenis sayuran aman dikonsumsi penderita diabetes. Namun, pengolahannya harus direbus, dikukus, dipanggang, bahkan dikonsumsi mentah-mentah. Ada dua jenis sayuran yang paling dianjurkan untuk pengidap diabets, yaitu brokoli dan bayam. Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan. Boleh dijus tapi jangan ditambahkan gula.

Makanan lain yang aman dikonsumsi ialah kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dijadikan sup, dikukus, dan ditumis. Produk olahan susu rendah lemak seperti yoghurt dan telur juga tidak masalah dikonsumsi penderita diabetes. Khusus untuk yoghurt, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa yoghurt bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Berbagai jenis ikan juga dianjurkan menjadi menu penderita diabetes. Di antaranya ialah salmon, sarden dan makarel. Namun, ikan dengan kadar merkuri tinggi seperti ikan tongkol harus dihindari penderita diabetes.

2. Makanan yang harus dihindari penderita diabetes

Penderita diabetes harus menghindari makanan yang digoreng (Foto: Unsplash/Brian Chan)

Bagi orang Indonesia belum lengkap rasanya makan jika belum bertemu nasi putih. Padahal nasi putih benar-benar berbahaya untuk penderita diabetes. Soalnya nasi putih mengandung gula yang tinggi.

Tidak hanya nasi putih. Makanan yang harus dihindari penderita diabetes seperti roti tawar putih, makanan yang terbuat dari tepung terigu, hingga buah-buah kaleng yang mengandung banyak gula.

Baca juga:

Polusi Suara Menyebabkan Diabetes?

Sayuran bisa jadi tidak aman dikonsumsi penderita diabetes dari cara pengolahannya. Misalnya seperti sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju, mentega, dan saus dalam jumlah banyak. Begitu pula sayuran kaleng karena memiliki kandungan garam yang begitu tinggi.

Penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi daging berlemak dan juga susu tinggi lemak. Makanan yang digoreng seperti ayam goreng, pisang goreng, kentang goreng, ikan goreng sebaiknya juga dihindari. Apalagi kulit ayam.

3. Penderita diabetes harus rajin mengecek kadar gula darah

Harus rajin mengecek kadar gula darah (Foto: Pexels/PhotoMIX Ltd.)

Jangan malas mengecek kadar gula darah jika kamu menderita diabetes. Tujuannya agar kamu bisa memantau terus kondisi kamu. Ada banyak metode cek gula darah yang bisa kamu lakukan seperti tes gula darah puasa, tes gula darah sewaktu, tes hemogblobin A1c (HbA1c), dan tes toleransi glukosa oral.

Jika sudah mematuhi menu makanan tadi, besar kemungkinan kamu sembuh dari diabetes. Tentu, proses penyembuhan juga harus didukung gaya hidup sehat lainnya seperti rutin berolahraga. Ditambah, jangan malas menjalani pengobatan yang sudah dianjurkan dokter. (ikh)

Baca juga:

Tangani Diabetes dengan Sarapan Susu

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH