Menu Lebaran yang Selalu Bikin Kangen Keluarga dan Kampung Halaman Menu Lebaran yang selalu hadir di meja. (Foto: Instagram/inyuinyi)

MAKANAN Lebaran selalu ditunggu-tunggu. Terutama bagi kamu yang sudah lama atau hanya setahun sekali pulang kampung. Berkumpul keluarga ditemani beragam kuliner Lebaran yang biasa disajikan di rumah terasa spesial.

Tak heran bila kemudian mengharapkan sajian khas daerah masing-masing di waktu Lebaran. Makanan Lebaran terdiri dari makanan lauk-pauk, sayur, dan kue-kue.

Berikut merahputih.com sajikan sajian makanan yang dapat ditemukan saat Lebaran;

1. Ketupat

Pedagang menyelesaikan pembuatan kulit ketupat di Pekanbaru, Senin (11/6). (Foto: SNTARA FOTO/Rony Muharrman)
Ketupat merupakan sajian yang tak boleh terlupakan saat Lebaran. (Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Salah satu kuliner khas Lebaran adalah ketupat. Ketupat sudah menjadi menu wajib saat Lebaran di beberapa daerah. Ketupat merupakan olahan beras yang dimasukkan dalam ketupat dari daun kelapa muda, kemudian direbus.

Ketupat tidak dimakan langsung. Ketupat seperti halnya nasi selalu disajikan dengan beragama sajian lauk pauk dan sayuran.

2. Semur Daging

semur daging
Semur daging biasanya dari daging sapi atau kerbau. (Foto: Pixabay/kalhh)

Olahan daging salah satu makanan khas Lebaran. Di banyak daerah, setiap keluarga selalu menyediakan daging kerbau atau sapi sebagai menu utama saat hari raya. Seperti baju baru, daging selalu identik dengan Lebaran.

Salah satu menu olahan daging kerbau/sapi yaitu semur daging. Semur daging dominan kecap sehingga bercita rasa manis dengan bermacam-macam rempah membuat Lebaran kamu terasa spesial.

3. Opor Ayam

Ikuti empat langkah mudah untuk opor maknyus. (foto: notepam)
Opor ayam selalu berpasangan dengan ketupat. (Foto: notepam)

Opor ayam memang identik dengan Lebaran. Opor ayam selalu menjadi pasangan serasi untuk ketupat. Opor ayam merupakan olahan ayam yang dibuat berkuah santan kental. Opor ayam yang paling enak menggunakan ayam kampung dan dicampur dengan jeroannya.

4. Sayur Lodeh

Sayur lodeh. (Pixabay/ jamietan04)
Sayur lodeh biasanya ditemani dengan ketupat. (Foto: Pixabay/jamietan04)

Sayur lodeh juga menjadi menu utama Lebaran di beberapa daerah. Sama seperti halnya opor ayam, sayur lodeh sarat kuah bersantan kental sehingga sangat gurih.

Sayur lodeh sangat cocok juga sebagai teman ketupat. Sayur ini cocok bagi kamu yang lebih suka sayuran dibanding daging. Sayur lodeh berbahan utama sayuran seperti labu siam, kacang panjang, dan terung. Bahan-bahan dipilih sesuai selera dan bisa juga ditambahkan variasi lain seperti teri asin.

5. Rengginang

Rengginang. (Instagram/ rajanyakuliner1)
Rengginang cocok hadir di Lebaran. (Foto: Instagram @rajanyakuliner1)

Rengginang di beberapa daerah merupakan menu wajib Lebaran. Meski selalu menjadi lelucon sebagai makanan super jadul, sebagian masyarakat mempertahankan pembuatan rengginang untuk penganan Lebaran. Rengginang bisa menjadi makanan penumbuh rasa kangen terhadap keluarga dan kampung halaman saat Lebaran.

Rengginang merupakan jenis kerupuk yang dibuat dari ketan yang dikeringkan. Rengginang yang sudah dijemur di bawah terik matahari kemudian digoreng hingga warnanya berubah kecokelatan. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kucai Tumis, Alternatif Tepat Teman Ketupat

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH