Menu Dessert Tradisional yang Nikmat Disantap Waktu Buka Puasa

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 18 Mei 2018
Menu Dessert Tradisional yang Nikmat Disantap Waktu Buka Puasa
Menu dessert. (istyle.id)

Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan untuk umat muslim. Di rumah, kamu yang menjalankan ibadah puasa pasti selalu menyajikan menu berbuka yang lezat dan menggugah selera.

Selain makanan berat, saat berbuka kamu diharuskan makan atau minum makanan manis. Nah, makanan buka puasa apa saja sih yang cocok untuk menu berbukamu nanti? Berikut dessert tradisional penggugah selera saat berbuka puasa, seperti dilansir istyle.id.

1. Es Cendol Durian

Es cendol durian. (istyle.id)
Es cendol durian. (istyle.id)

Kamu pencinta durian? Jangan lewatkan es cendol durian sebagai makanan buka puasa kamu. Es cendol durian ini dapat menjadi pelepas dahaga dan penunda lapar. Selain durian yang mendominasi, ada juga kombinasi cendol yang bikin kenyang. Yum, cocok banget buat kamu yang tidak ingin makan banyak ketika berbuka puasa.

2. Es Podeng

Es podeng. (istyle.id)
Es podeng. (istyle.id)

Dessert tradisional khas Jakarta ini memang paling pas disantap saat berbuka. Kombinasi es krim dari santan kelapa menyatu sempurna dengan topping alpukat, agar-agar, sagu mutiara, kacang tanah dan susu kental manis. Segar dan nikmat disantap pada saat berbuka.

3. Puding Karang

Puding karang. (istyle.id)
Puding karang. (istyle.id)

Berbuka dengan yang manis adalah sebuah keharusan ketika kamu sedang berpuasa. Tentu puding karang akan menjadi pilihan menjadi menu andalan saat berbuka. Rasa manis karena gula aren merah akan membuatmu ketagihan untuk mencicip puding karang. Kamu pun tidak perlu repot mencari penjual puding karang, karena kamu dapat membuatnya sendiri di rumah.

4. Kolak Pisang

Kolak pisang. (istyle.id)
Kolak pisang. (istyle.id)

Berbuka tanpa kolak tentu belum afdol, kan? Apalagi tanpa kolak pisang yang manis. Nah, kolak pisang adalah makanan buka puasa yang paling sering dinikmati oleh semua orang, termasuk kamu dan keluarga. Apalagi kolak pisang juga sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet ketika puasa. Walaupun kolak pisang manis, tapi pisang berkhasiat untuk kamu yang sedang diet. Sehingga kamu tidak perlu makan banyak makanan berat lagi setelah menyicip kolak pisang.

5. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo. (istyle.id)
Es pisang ijo. (istyle.id)

Siapa yang nggak tahu es tradisional yang satu ini? Lezatnya sirup merah yang dipadukan dengan pisang manis dengan balutan kulit hijau pasti nggak bisa kamu tolak. Betul banget lho. Kamu bisa mencoba es pisang ijo buat menu dessert tradisional untuk buka puasa. (*)

Baca juga berita terkait kuliner Ramadan dalam artikel: Memasuki Bulan Suci, Ini Jenis-jenis Kurma Favorit Ramadan

#Kuliner Indonesia #Kuliner Ramadan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan