Menu Alkaline yang Memerangi GERD Rempah-rempah mengandung alkaline. (Foto: pixabay/babawawa)

BELAKANGAN populer istilah GERD yang merupakan kependekan dari Gastroesophageal Reflux Disease. Kondisi seseorang mengalami rasa nyeri di dada seperti terbakar, asam lambung yang naik dan tenggorokan yang terasa asam.

Kondisi yang lebih dikenal sebagai naiknya asam lambung ini diderita oleh kebanyakan masyarakat kota khususnya pekerja. Kondisi ini dapat diredakan dengan makanan yang mengandung alkaline. Makanan ini akan menyeimbangkan kadar pH di dalam tubuh. Tak hanya itu alkaline ternyata juga bermanfaat bagi otot dan kepadatan tulang.

Menurut Healthline, masalah yang timbul bila kebanyakan mengonsumsi makanan asam akan membuat asam terbentuk pada urin dan dapat menimbulkan pengristalan di ginjal. Asam yang ada di dalam darah akan membuat kualitas tulang dan otot buruk. Bahkan cenderung mengarah pada osteoporosis, kanker, sakit jantung dan gangguan pada hati.

Sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung alkaline agar kadar pH seimbang.

Tahu

tahu
(Foto: pixabay/cegoh)

Kadar tahu sekitar 7,2 yang menjadi sumber protein sayuran. Tahu pun dapat dimasak dengan berbagai pilihan menu favorit.


Melon

melon
(Foto: imagesBG)

Buah melon memiliki kadar 6,67 pH yang rasanya segar dan manis.


Brokoli

brokoli
(Foto: pixabay/meditations)

Untuk sebagian orang sayuran ini terasa tidak mengenak, namun memiliki nilai 6,85 pH. Disampong itu juga mengandung serat tinggi, vitamin C, B6 dan A dan potasium.


Kol

kol kubis
(Foto: congerdesign)

Kadar yang terkandung di dalamnya sekitar 6,8 pH. Kubis atau kol pun dapat dimasak dengan menu-menu favorit.


Bayam

bayam
(Foto: pixabay/ponce_photography)

Kandungan di dalamnya terdapat pula protein, serat, zat besi, vitamin K, A dan C. Kadar alkaline di dalamnya sekitar 6,8 pH.


Lemon

lemon
(Foto: jackmac34)

Lemon memang mengandung asam tinggi namun di dalam pencernaan akan berubah menjadi alkaline. Apalagi bila dicampur dengan melon akan menjadi alkalie yang kuat dalam sistem tubuh Anda.

Daun Kol

daun kol kale
(Foto: PublicDomainPictures)

Daun hijau ini memberikan kadar alkaline yang sehat tentunya dilenhgkapi dengan serat, potasium dan vitamin B6 dan C.


Herbal dan Rempah-Rempah

rempah
(Foto: pixabay/taken)

Semua herbal dan rempah-rempah mengandung alkaline yang dapat memenuhi kebutuhan alkaline dalam tubuh. Chapsaicin, kimiawi yang ada pada cabe ternyata dapat pula meringankan kondisi nyeri di dada. Kayu manis pun dapat menurunkan bobot badan dan kadar gula darah serta menjadi agen anti penuaan. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH