Menteri Yohana Resmikan Kampung Ramah Anak Pertama di Indonesia Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) Yohana Susana Yembise meresmikan Kampung Ramah Anak dan Perempuan di Yogyakarta. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) Yohana Susana Yembise meresmikan Kampung Ramah Anak dan Perempuan pertama di Indonesia. Kampung tersebut terletak di Desa Srigading, Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada saat memberikan sambutan, Menteri Yohana mendorong pemerintah daerah untuk lebih aktif membangun wilayah ramah anak dan perempuan hingga ke pelosok desa.

Menurut Menteri Yohana berdasarkan laporan daerah, saat ini kekerasan seksual pada anak dan perempuan mengalami peningkatan secara nasional.

"Tahun depan kami akan melakan survei khusus untuk melihat perkembangan kasus kekerasan pada anak secara nasional. Kita mau lihat, bagaimana bentuknya. Apakah seksual, psikis, maupun fisik," kata Yohana di Bantul Yogyakarta, Jumat (13/10).

Yohana menjelaskan, Desa Srigading bisa ditetapkan sebagai Kampung Ramah Anak dan Perempuan karena telah memenuhi sebagian besar dari 24 kriteria yang ditetapkan pemerintah. Di antaranya di desa ini seluruh anak-anak telah memiliki akte, anak balita mendapatkan pendidikan dini, banyaknya ruang hijau terbuka, dan perempuan diberdayakan dalam pembuatan kerajinan tangan.

Sementara, jumlah wanita produktif yang mengalami kekerasan baik psikis, seksual, dan fisik diklaim mencapai 28 juta orang.

Karena itu, dia berharap kehadiran Kampung Ramah Anak dan Perempuan ini bisa menyebar ke daerah lain. Sedangkan catatan Kementerian PPPA dari 523 Kabupaten/Kota se-Indonesia, baru 320 yang baru menyandang status daerah ramah anak dan perempuan.

Untuk diketahui, selain meresmikan Kampung Ramah Anak dan Perempuan, siang tadi Yohana turut meluncurkan lima pusat studi wanita (PSW) di lima perguruan tinggi di DI Yogykarta. Lima perguruan yang memiliki PSW adalah Istiper, Amikom, Universitas Aisyah, Institut Teknologi Yogyakarta, dan Akademi Kesehatan Karya Husada. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor Merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lain dalam artikel: Tiga Partai Ini Dinyatakan Lolos Kelengkapan Berkas oleh KPU



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH