Menteri Yohana: Noken Simbol Cinta kasih Mama Papua Kepada Anaknya Noken Papua. (Foto: instagram.com/cz_fadly)

Merahputih.com - Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise menyatakan kerajinan tradisional Noken merupakan wujud kearifan lokal dalam perlindungan anak di Papua.

"Noken menjadi simbol kehidupan yang baik, kesuburan, kedewasaan dan cinta kasih mama Papua kepada anaknya," ujar Yohana dalam keterangan tertulis, Minggu (24/2).

Yohana mengatakan Noken merupakan budaya penting bagi kehidupan masyarakat Papua. Karena itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyelenggarakan pencanangan dan penandatanganan Prasasti Mama Noken dan Noken Anak di Distrik Minyambou, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat pada Sabtu (23/2).

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Persekutuan Gereja Kristen Alkitab Indonesia bagi Persekutuan Wanita Persekutuan Gereja Kristen Alkitab Indonesia dan anak usia dini suku Arfak.

"Kegiatan ini bertujuan memelihara kearifan lokal budaya Papua serta meningkatkan strategi perlindungan perempuan dan anak dengan menghadirkan nilai-nilai religius serta memperkuat tali persaudaraan melalui kreatifitas Noken," beber dia dikutip Antara.

Noken Papua. (Foto: instagram.com/galihwirahadi)
Noken Papua. (Foto: instagram.com/galihwirahadi)

Noken telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia tak benda oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada 4 Desember 2012 di Paris, Perancis.

Noken merupakan simbol perdamaian masyarakat Papua berupa kerajinan rajut yang terbuat dari serat kulit kayu pohon manduam, nawa dan anggrek hutan khas Papua dan Papua Barat.

Dalam tradisi Papua, Noken merupakan sumber kehidupan terutama bagi mama Papua. Selain mencari nafkah serta membawa hasil-hasil pertanian seperti sayuran dan umbi-umbian, Noken juga untuk membawa barang-barang dagangan ke pasar dan kayu bakar.

Noken juga digunakan untuk menggendong anak yang belum bisa berjalan sehingga selalu terjaga, terlindungi dan terpantau langsung oleh mamanya. Salah satu keunikan Noken adalah digunakan dengan mencantolkannya di kepala. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH