Menteri Yasonna Copot Dirjen Imigrasi, KPK Ogah Ikut Campur

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 29 Januari 2020
 Menteri Yasonna Copot Dirjen Imigrasi, KPK Ogah Ikut Campur
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ogah ikut campur terkait pencopotan Ronny Sompie dari jabatan Direktur Jenderal Imigrasi oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly.

Diketahui Yasonna mencopot Ronny terkait kasus dugaan suap pengurusan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR yang menjerat caleg PDIP Harun Masiku.

Baca Juga:

Pasca Pecat Ronny Sompie, Menkumham Lakukan Penyelidikan Internal

"Kami fokus dulu lah ke penyelesaian perkara ya," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/1).

Ali mengklaim pihaknya tidak mengetahui alasan Yasonna mencopot Ronny dari jabatannya. Lembaga antirasuah berdalih karena baru mengetahui informasi tersebut sore hari ini.

Menkumham Yasonna Laoly copot Ronny Sompie dari Dirjen Imigrasi dan KPK tak tahu menahu
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly. (FOTO ANTARA)

"Jadi kita belum masuk sampai ke sana, infonya kan baru, dari sore kita tidak tahu apa keterkaitannya. Tetapi itu kan urusan Kemenkumham ya, jadi kita tidak masuk ke sana," ujar Ali.

Sebelumnya Menkumham Yasonna Laoly mencopot Ronny Sompie dari jabatan Dirjen Imigrasi pada Selasa (28/1) siang.Yasonna mencopot Ronny agar memudahkan penyelidikan keterlambatan informasi kepulangan buronan KPK Harun Masiku.

"Untuk supaya terjadi betul-betul hal yang independen, supaya jangan ada terjadi conflict of interest nanti. Saya sudah memfungsionalkan Dirjen Imigrasi dan Direktur Sisdiknya. Direktur Sistem Informasi Keimigrasian," kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1).

Yasonna sebelumnya meminta dibentuk tim independen yang memeriksa kasus terlambatnya informasi kepulangan Harun Masiku ke Indonesia. Tim tersebut nantinya diisi oleh Direktorat Siber Polri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN), dan Ombudsman.

Baca Juga:

Diduga Lalai Soal Harun Masiku, Ronny Sompie Dicopot dari Dirjen Imigrasi

Yasonna berharap keempat lembaga tersebut bisa bekerja sama mengungkap penyebab terlambatnya informasi kepulangan Harun Masiku ke Indonesia saat ia tersangkut kasus suap tersebut.

Yasonna mengatakan, ketika Ronny Sompie tak lagi menjabat Dirjen Imigrasi, maka penyelidikan bisa terlaksana dengan baik.

"Artinya difungsionalkan supaya tim independen ini bisa berjalan dengan baik. Karena saya mau ini betul-betul terbuka dan tim nanti bisa melacak mengapa terjadi delay, mengapa data itu tersimpan di PC bandara terminal 2," pungkas Yasonna.(Pon)

Baca Juga:

Menteri Yasonna Santai Dilaporkan Atas Dugaan Menghalangi Penyidikan

#Komisi Pemberantasan Korupsi #Menkumham #Yasonna Laoly #Politisi PDIP
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan