Menteri Tjahjo Sentil DPRD Soal Wagub DKI Jakarta Mendagri Tjahjo Kumolo (MP/Kanu)

MerahPutih.Com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta para anggota DPRD untuk segera melaksanakan pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta. Karena partai Gerindra dan PKS sudah mengusulkan dua nama kandidat Wagub DKI.

Adapun dua nama cawagub DKI berasal dari PKS yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

"Kami segera minta pada DPRD untuk segera mengagendakan proses pemilihan Wakil Gubernur," kata Tjahjo usai menghadiri rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta dalam rangka memperingati HUT Kota Jakarta ke 492 di Gedung DPRD, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6).

Menurut Tjahjo, adanya orang nomor 2 Jakarta itu akan membantu Gubernur Anies dalam menjalankan roda pemerintahan DKI.

Mendagri Tjahjo Kumolo desak DPRD segera pilih Wagub DKI Jakarta
Mendagri Tjahjo Kumolo saat menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta (MP/Asropih)

"DPRD segera inisiatif untuk melakukan proses pemilihan sehingga wakil Gubernur yang akan membantu pak Anies sehingga Gubernur akan bisa jalan dengan cepat," tuturnya.

Seperti diketahui, Anggota DPRD DKI berencana menggelar rapat Paripurna pemilihan Wagub DKI pada 22 Juli 2019 mendatang.

ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan pada paripurna 22 Juni 2019 itu merupakan pertarungan hidup mati dua kandidat yang disodorkan oleh PKS.

BACA JUGA: Entah Agung atau Syaikhu, Anies Siap Terima Siapapun Wagub DKI Jakarta

Mendagri Tjahjo Ingatkan Pemprov DKI Hati-Hati Susun Perencanaan Anggaran

Meski tinggal selangkah menuju DKI 2, namun tak ada jaminan bahwa mereka bisa terpilih pada Paripurna itu untuk mendampingi Gubernur Anies Baswedan. Pada rapat itu seluruh anggota DPRD akan menentukan kedua kandidat tersebut layak atau tidak menjadi calon Wagub.

"Diterima calon Wagub atau tidaknya, nanti di dalam Rapat Paripurna itu," kata Prasetyo Rabu (19/6) lalu.

Adapun DPRD DKI telah menunjuk Ketua Fraksi Hanura Mohamad Ongen Sangaji sebagai Ketua Panitia Khusus (Pansus), sedangkn Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI, Bestari Barus sebagai Wakil Ketua Pansus.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH