Menteri Susi Minta Semua Pihak 'Move On' soal Cantrang

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 18 Januari 2018
Menteri Susi Minta Semua Pihak 'Move On' soal Cantrang
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Biro Pers Setpres)

MerahPutih.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengadakan jumpa pers usai pertemuan dengan para nelayan kemarin. Susi menginginkan berbagai pihak dapat move on atau tidak lagi membahas mengenai alat tangkap cantrang karena sudah ada komitmen yang tercipta antara pemerintah dengan perwakilan nelayan.

"Saya minta semua 'stakeholder' (Pemangku kepentingan) tidak lagi bicara cantrang. Saya tidak mau lagi bicarakan cantrang. Kita 'move on'," kata Menteri Susi dalam jumpa pers di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Kamis (18/1) seperti dikutip Antara.

Menurut Susi, pemerintah betul-betul tegas dalam pengelolaan sektor kelautan dan perikanan nasional, bahwa keberlanjutan menjadi salah satu pilar pembangunan dalam bidang tersebut.

Untuk itu, ujar dia, pengusaha saat ini juga harus bisa berbisnis dengan menerapkan berkelanjutan, baik dari segi laba maupun dari aspek kelestarian produksinya.

Sedangkan bagi para nelayan yang masih menggunakan cantrang, Menteri Kelautan dan Perikanan menegaskan bahwa pihaknya akan mendata satu per satu dan bakal dibantu untuk mengganti alat tangkap yang lebih ramah lingkungan.

"Akan kami arahkan nelayan untuk mengganti alat tangkap dan mendampinginya ke perbankan," ujarnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berbicara kepada para nelayan yang berunjuk rasa dari atas mobil komando, Jakarta, Rabu (17/1). (Foto: Biro Pers Setpres)

Sebelumnya, pada pertemuan antara pemerintah dan perwakilan nelayan di Istana Merdeka, Rabu (17/1), Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa hasil dari pertemuan adalah pemerintah memberi kesempatan kepada nelayan untuk beralih dari penggunaan cantrang.

"Kesimpulannya adalah diberikan waktu untuk sampai rampung semua, pindah dari cantrang menuju ke yang baru, tanpa ada batasan waktu pun. Tapi jangan sampai menambah kapal," kata Presiden Jokowi.

Seusai pertemuan, Menteri Susi langsung menemui para nelayan yang sedang melakukan aksi di depan Istana Merdeka, dan meminta para nelayan untuk menyepakati hasil dari pertemuan tersebut. (*)

#Susi Pudjiastuti #Kesejahteraan Nelayan
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan