Menteri Susi: Mang Ihin Sosok Berintegritas dan Cinta Tanah Air Menteri Susi Pudjiastuti (Foto: MerahPutih/Yohanes Abimanyu)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan tokoh Jawa Barat Solihin Gautama Purwanegara atau Mang Ihin merupakan sosok yang memiliki integritas secara konsisten dalam membangun Indonesia.

"Kalau pak Solihin masih sangat kuat peranannya sebagai pemersatu Jawa Barat, dan saya pikir juga secara nasional masih diakui sebagai salah satu tokoh yang konsisten, integritasnya tinggi," kata Menteri Susi yang ditemui usai menjenguk Solihin GP, di kediamannya Jalan Cisitu Indah, Kecamatan Coblong, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/6).

Susi tiba di rumah Mang Ihin sesaat sebelum Presiden Joko Widodo yang juga menjenguk Solihin GP.

Menurut Susi, Mang Ihin merupakan bapak bangsa yang berkharisma dan wejangannya masih didengar oleh tokoh-tokoh muda bangsa Indonesia.

Kendati masih menderita stroke ringan, namun dalam pertemuannya dengan Jokowi, Mang Ihin menyampaikan sejumlah pesan dan petuah bagi bangsa.

Salah satu pesannya yaitu pemimpin harus cinta dan sayang kepada rakyatnya dan tetap menjaga persatuan bangsa.

"Harus empati dengan rakyat dan hidup konsumtif harus distop, karena itu yang membuat orang menjadi mudah korupsi," ujar Susi menjelaskan pesan-pesan Mang Ihin.

Solihin GP akan berusia 91 tahun pada 21 Juli nanti. Dia merupakan Gubernur Jawa Barat ke-10 pada 1970-1974 dan juga pernah menjabat sebagai Pangdam XIV Hasanuddin pada 1965-1968.

Mang Ihin sebelumnya dirawat di RS Advent, Bandung pada awal Juni 2017, dan saat ini melakukan rawat jalan di kediamannya.

Presiden Jokowi telah menjenguk Solihin GP pada Sabtu, didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kepala Staf Presiden Teten Masduki serta Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan dan Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan.

Sumber: ANTARA



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH