Menteri Susi: Ekspor Indonesia Masih Lebih Baik

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 12 Januari 2018
Menteri Susi: Ekspor Indonesia Masih Lebih Baik
Menteri Susi saat final Lomba Memasak Ikan Nusantara 2017 di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta. ((Humas/Rahmat/setkab.go.id)

MerahPutih.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan kondisi ekspor komoditas perikanan Indonesia masih lebih baik dibandingkan dengan negara lain di tengah situasi perekonomian global yang menurun.

"Ekspor, walaupun turun, tetapi dibandingkan negara lain jauh lebih baik," kata Menteri Susi dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Kamis (11/1), dilansir Antara.

Susi Pudjiastuti juga mengingatkan bahwa pada saat ini di kawasan perairan Indonesia, jumlah stok ikan naik sehingga tangkapan juga meningkat dan nilai tukar nelayan dan pembudidaya juga mengalami kenaikan yang berarti bahwa jumlah pendapatan yang mereka terima saat ini juga meningkat dibanding sebelumnya.

Semua hal itu, ujar dia, juga menunjang kepada kinerja sektor kelautan dan perikanan dalam rangka memperbaiki serta membenahi ekonomi Indonesia agar terus meningkat.

Sementara itu, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Perbowo menyatakan bahwa turunnya volume ekspor tidak berpengaruh kepada meningkatnya nilai ekspor per tahun.

Hal itu, ujar Nilanto, karena setiap tahun ada faktor meningkatnya harga ekspor serta produk perikanan memiliki nilai tambah.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa rata-rata produk yang turun volume ekspornya adalah produk dengan harga yang relatif rendah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan produksi industri perikanan.

"Sekarang konsentrasinya agar ke industri pengolahan ikan, terutama yang mendorong untuk ekspor ikan, karena ekspornya kita turun," kata Presiden di Jakarta, Rabu (10/1).

Saat ini muncul isu penghentian kebijakan penenggelaman kapal. Desakan penghentian itu di antaranya datang dari Wapres Jusuf Kalla dan Menko Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan. Keduanya menyatakan tidak ada lagi kebijakan penenggelaman kapal dan Indonesia kini fokus pada peningkatan produksi ikan. (*)

#Penenggelaman Kapal Asing #Susi Pudjiastuti
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan