Kunjungi Pesantren Tebuireng, Menteri Susi Minta Santri Perbanyak Konsumsi Ikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Instagram susipudjiastuti115)

MerahPutih.Com - Pesantren di Indonesia bisa mandiri di sektor perikanan, sebagai upaya mencukupi kebutuhan protein untuk para santri sehingga mereka bisa menjadi generasi yang cerdas.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat berkunjung ke SMA Trensains Tebuireng, Pondok Pesantren Tebuireng II, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (13/8).

"Kami ingin agar para santri bisa mendapatkan cukup asupan ikan, asupan protein untuk anak-anak supaya pintar. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kompetitif sama pintarnya dengan orang luar (negeri)," katanya.

Menteri Susi yang ditemui dalam acara penebaran perdana benih ikan lele sistem bioflok tersebut mengatakan, pemerintah memang sengaja memberikan bantuan ikan lele pada sejumlah pondok pesantren di Jawa Timur. Pondok pesantren menjadi salah satu tujuan, sebab di tempat tersebut santri tinggal.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Susi mengatakan, untuk saat ini pemerintah memberikan bantuan berupa sistem budi daya bioflok. Dengan sistem itu, diharapkan pesantren bisa membuat budi daya ikan, untuk kecukupan gizi bagi para santri. Diharapkan tingkat konsumsi makan ikan juga lebih tinggi, bisa makan 1 kilogram per pekan, sehingga dalam satu tahun tingkat konsumsinya bisa sampai 50 kilogram per anak, sedikit di atas target pemerintah 46 kilogram per anak per tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Susi juga menyerahkan bantuan program gerakan pakan mandiri kelompok budi daya ikan dan pondok pesantren, bantaun pakan, sarana pengolahan, bantuan sarana budi daya lele sistem bioflok untuk 21 penerima pondok pesantren se-Jatim, dengan total nilai sekitar Rp 6,8 miliar.

Selain Menteri Susi dan pejabat di bawahnya, dalam acara itu juga dihadiri Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, KH Sholahudin Wahid, sejumlah perwakilan pondok pesantren penerima bantuan, serta tamu undangan lainnya.

Menteri Susi memberikan bantuan secara simbolis tersebut, termasuk meninjau lokasi kolam budi daya lele dengan sistem bioflok. Menteri Susi juga menyaksikan langsung penebaran perdana benih ikan lele tersebut. (*)

Sumber: ANTARA



Luhung Sapto

YOU MAY ALSO LIKE