Menteri Sri Mulyani Wanti-wanti Jangan Sampai Aset BLBI Diserobot

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 25 November 2021
Menteri Sri Mulyani Wanti-wanti Jangan Sampai Aset BLBI Diserobot
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: MP/Kemenkeu)

MerahPutih.com - Satgas BLBI telah mengambil aset dari sejumlah debitur berupa aset lahan dengan total nilai sekitar Rp 500 miliar. Aset tersebut pun telah diberikan kepada Pemerintah Kota Bogor dan 7 kementerian/lembaga.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mewanti-wanti Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) untuk memanfaatkan dengan baik aset sitaan utang obligor dan debitur eks BLBI.

Sebab jika tidak dikelola dengan maksimal, aset sitaan dari obligor bakal disalahgunakan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

"Jangan sampai kita hanya mengambil aset kemudian tanahnya menjadi tanah liar yang kemudian tanahnya bisa diserobot lagi oleh berbagai pihak," ujar Menteri Sri melalui YouTube, Kamis (25/11).

Baca Juga:

Pemkot Bogor Terima Aset Eks BLBI Senilai Rp 345 Miliar

Oleh karena itu, Menteri Sri meminta Ditjen Kekayaan Negara Kemenkeu untuk memikirkan rencana pengelolaan aset-aset itu ke depan. Harapannya aset itu dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Sri juga mengaku, ada sejumlah kantor Kementerian Keuangan yang masih menyewa tempat untuk melayani masyarakat. Maka dari itu, aset-aset yang disita dari utang debitur BLBI harus dikelola dengan baik oleh negara.

"Banyak dari kami, kantor-kantor kami, dari kantor pajak kita itu masih ada yang menyewa di ruko-ruko padahal mereka tugasnya sangat penting untuk mengumpulkan keuangan negara" ujar dia.

Baca Juga:

Satgas BLBI Somasi Kaharudin Ongko dan Agus Anwar

Adapun hibah untuk Pemerintah Kota Bogor senilai Rp 345,7 miliar. Aset tersebut berlokasi di Kota Bogor dengan total luas 103.290 m2. Sedangkan untuk tujuh kementerian/lembaga seluas 323.315 m2 dengan kakulasi sebesar Rp 146,5 miliar.

"Kita semuanya tahu bahwa tagih negara dari para obligor itu dan debitur mencapai Rp 110,45 triliun. Jadi kalau hari ini baru sekitar setengah triliun itu masih jauh banget, masih banyak yang harus kita kerjakan," ungkapnya. (Asp)

Baca Juga:

Satgas BLBI Sita Tanah Milik Tommy Soeharto, Nilainya Mencapai Rp 1,2 Triliun

#BLBI #Kasus BLBI #Sri Mulyani
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan