Headline

Menteri Rini Tegaskan Bandara Baru Yogyakarta April Mulai Beroperasi

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 21 Februari 2019
 Menteri Rini Tegaskan Bandara Baru Yogyakarta April Mulai Beroperasi
Menteri BUMN, Rini Sumarno dan Dirut Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo, meresmikan penerbangan Jakarta-Labuan Bajo, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (27/10). (Foto: MerahPutih/Widi Hatmoko)

MerahPutih.Com - Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) bakal segera beroperasi. Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan paling telat April, NYIA sudah berfungsi.

Percepatan operasional Bandara NYIA disampaikan Menteri BUMN Rini Soermano. Menteri Rini memastikan bahwa pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo terus berjalan dan beroperasi melayani kebutuhan masyarakat.

"Progesnya sudah cukup baik. Tentunya saya terus mengawal dan memastikan pembangunan bandara baru ini bisa berjalan baik dan bisa beroperasi sesuai dengan yang ditargetkan dan segera bisa melayani masyarakat," kata Rini lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (21/2).

Maket Desain Bandara NYIA
Market design bandara NYIA. (Foto: merahputih.com/Teresa Ika)

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura 1 (Persero), Faik Fahmi mengatakan saat ini tahap pekerjaan konstruksi pembangunan Bandara NYIA sudah mencapai 71,6 persen untuk layanan Internasional dan ditargetkan bisa beroperasi pada bulan April 2019.

Sementara untuk layanan domestik ditargetkan beroperasi pada akhir tahun 2019. Secara keseluruhan, total kapasitas bandara baru ini diproyeksi mencapai 14 juta penumpang per tahun.

Pekerjaan fisik untuk faslitas sisi udara dan darat saat ini telah mencapai 100 persen. Fasilitas Bandara untuk layanan Internasional meliputi fasilitas sisi udara seperti runway, rapid taxiway 1, holding bay 1, parallel taxiway, exit taxiway, apron dan taxiway apron.

Sementara fasilitas sisi darat meliputi toll gate, gedung terminal dengan luas 12.920 meter persegi, gedung penunjang dan bangunan sub-station yang akan difungsikan sebanyak enam unit.

Dirut PT Angkasa Pura Faik Fahmi
Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi bersama Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Joeniarto (Foto: Twitter @AP_Airports)

Selain itu, aksesibilitas Bandara NYIA dioperasikan dengan menggunakan Jalan Permanen dan Jalan Temporary 2 jalur.

Faik Fahmi sebagaimana dilansir Antara menegaskan, PT Angkasa Pura I (Persero) beserta seluruh stakeholder lainnya akan terus mengawal secara bersama pembangunan bandara baru ini.

"Terima kasih kepada Bu Menteri BUMN yang terus memberikan dukungan keoada kami. Kami terus berupaya agar target operasional bandara bisa tercapai dan tentunya tetap terus memlerhatikan aspek kualotas dan keselamatan dalam kerja," tegas Faik.

Setelah meninjau lokasi pembangunan proyek bandara, Menteri Rini juga berkesempatan mengunjungi Balai Pemberdayaan Masyarakat milik PT Angkasa Pura I (Persero) yang merupakan wadah untuk menampung aspirasi masyarakat Kulon Progo seiring terkait pembangunan proyek bandara.(*)

Baca berita menarik lainnnya dalam artikel: Percuma Bangun Infrastruktur Desa Tanpa Libatkan Masyarakat

#Bandara Kulon Progo #Menteri BUMN #Rini Soemarno #Angkasa Pura
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan