Menteri PUPR Bakal Ganti Jembatan-Jembatan Tua di Jawa Tengah

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 08 Februari 2021
Menteri PUPR Bakal Ganti Jembatan-Jembatan Tua di Jawa Tengah
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau penanganan Jembatan Rembun II A yang rusak di Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Dokumentasi Kementerian PUPR

MerahPutih.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono akan mengganti jembatan-jembatan lama yang dibangun sejak 1970-1980 di wilayah Jawa Tengah.

Menurut Menteri Basuki, di Jawa Tengah ada sekitar 38 jembatan dengan tipe yang sama yang dibangun sejak tahun 1970 - 1980.

“Untuk jembatan-jembatan tersebut akan kita programkan untuk diganti," ujar Menteri PUPR dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (7/2).

Baca Juga:

Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Perbaiki Kerusakan Infrastruktur Akibat Banjir di Kalsel


Menteri PUPR meninjau secara langsung penanganan Jembatan Rembun II A yang mengalami kerusakan di Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, Minggu (7/2).

Jembatan sepanjang 50 meter tersebut amblas di sisi utara atau jalur arah Semarang-Jakarta, tepatnya di KM SMG 113+800 mengalami kerusakan pada rangka jembatan (patah) hingga sebagian badan jembatan miring sekitar 30 derajat. Kerusakan jembatan terjadi setelah dilintasi kendaraan berat bermuatan baja, pada Kamis (4/2/) sekitar pukul 19.30 WIB.

Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono saat memberikan pengarahan pada konsorsium Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di Kabupaten Batang, Minggu (7/2/2021). ANTARA FOTO/Kutnadi
Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono saat memberikan pengarahan pada konsorsium Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di Kabupaten Batang, Minggu (7/2/2021). ANTARA FOTO/Kutnadi

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi rusaknya Jembatan Rembun II A meminta agar perbaikan jembatan segera dilaksanakan untuk mendukung konektivitas yang menghubungkan Kabupaten Pekalongan dan Pemalang bisa kembali normal.

"Untuk Jembatan ini (Rembun IIA) yang dibangun sejak tahun 1977 akan kita ganti dengan yang baru rangka baja bentang 50 meter dan lebar 9 meter. Adapun Kontraktor pelaksana PT. Wijaya Karya dan akan selesai selama 45 hari," katanya.

Kementerian PPUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-D.I Yogyakarta, Ditjen Bina Marga sudah melakukan pembersihan pada lantai jembatan dengan alat berat. Setelah itu dilakukan perakitan dan dilanjutkan dengan tahap pemancangan beam, pemancangan cross beam, pembongkaran truss bridge, pemasangan jembatan baru, plat lantai jembatan serta kelengkapan, dan pekerjaan minor.

Baca Juga:

KPK Periksa Sekdis PUPR Kota Banjar Terkait Dugaan Penerimaan Gratifikasi

Jembatan Rembun II A merupakan jembatan rangka baja Callender Hamilton (CH) merupakan penghubung Jalur Pantai Utara (Pantura) di Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Pekalongan.

Jalan Pantura merupakan jalur vital yang menghubungkan berbagai pusat-pusat produksi, koleksi, dan distribusi berbagai kebutuhan pokok masyarakat, khususnya di wilayah utara Pulau Jawa. (*)

Baca Juga:

Demi MotoGP, Kementerian PUPR Kebut Proyek Jalan Mandalika-Bandara

#Kementerian PUPR #Basuki Hadimuljono
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan