Menteri Puan Maharani Buka Banyuwangi Ethno Carnival Ajang Banyuwangi Ethno Carnival 2017, dengan tema "Majestic Ijen," terinspirasi keindahan Gunung Ijen (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

MerahPutih.Com - Banyuwangi kembali menggelar Banyuwangi Ethno Carnival. Festival rakyat tersebut menurut Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Festival seperti ini diharapkan memberikan dampak bagi perekonomian berbasis budaya masyarakat dan usaha kecil menengah di Kabupaten Banyuwangi," kata Puan Maharani seusai menghadiri Banyuwangi Ethno Carnival, Sabtu (11/11).

Menteri Puan sebagaimana dilansir Antara menginginkan masyarakat Banyuwangi untuk menjaga dan memanfaatkan sumber daya alam, budaya dan keindahan alam Banyuwangi guna meningkatkan kesejahteraan rakyat, serta membangun kepribadian bangsa yang berkebudayaan.

Selain itu Menko PMK mengatakan acara yang telah digelar ketujuh kali tersebut merupakan wadah kreatifitas rakyat sekaligus mengangkat potensi wisata Kabupaten Banyuwangi.

"Dengan menghadirkan tema dari kultur budaya dan kearifan lokal yang berbeda-beda setiap tahun, telah membuktikan bahwa Banyuwangi Ethno Carnival merupakan salah satu bentuk etalasi seni yang patut diapresiasi," kata dia.

Menurut Puan Maharani kegiatan ini merupakan bagian dari upaya semua pihak untuk membangun kesadaran pentingnya kekuatan atas potensi yang dimiliki bangsa Indonesia yaitu budaya.

Banyuwangi Ethno Carnival 2017 kali ini mengusung tema "Majestic Ijen" yang memperlihatkan keagungan Gunung Ijen yang dibanggakan oleh masyarakat Banyuwangi.

Eksplorasi Gunung Ijen disuguhkan melalui peragaan kostum bertema penambang belerang, api bir dan panorama Kawah Ijen.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH