Menteri Perhubungan Apresiasi Pesawat Karya Anak Bangsa

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 16 Januari 2018
Menteri Perhubungan Apresiasi Pesawat Karya Anak Bangsa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi produksi sejumlah pesawat karya anak bangsa PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Bandung, Jawa Barat.

"Saya bangga, senang, dan kejutan satu produk anak bangsa dilahirkan," kata Budi seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Selasa (16/1).

Budi mengunjungi PTDI untuk meninjau produksi pesawat jenis NC 212i, CN 235, CN 295, N129 Nurtanio, dan Helikopter EC 725 Couger bekerja sama dengan Airbus Helicopter.

Pesawat jenis N129 Nurtanio tercatat telah uji terbang sebanyak 13 kali dengan total waktu penerbangan 16 jam.

Budi menyebutkan, dunia penerbangan internasional merespons positif dari sisi pemasaran terhadap produksi pesawat PTDI itu.

Budi menjelaskan, persiapan produksi pesawat prototype itu dilakukan secara cermat dan hati-hati dengan keunggulan yang ekonomis dan daya jual tinggi. "Beberapa hal sudah diselesaikan tinggal beberapa item," tandasnya.

Budi menegaskan, Kemenhub RI akan memastikan produk pesawat itu merupakan produksi unggulan yang membanggakan bangsa Indonesia.

Menhub meminta PTDI meningkatkan kemampuan agar mampu bersaing dengan industri pesawat internasional.

Beberapa negara seperti Meksiko, Turki, dan Tiongkok telah berniat memesan pesawat produksi PTDI itu. Namun, rencananya menggunakan sistem bagi hasil keuntungan.

Direktur Utama PTDI Alfien Goentoro menyebutkan pihaknya menyelesaikan uji coba penerbangan hingga 2018 agar mencapai 350 jam terbang.

Kemenhub RI dan PTDI berupaya mempercepat sertifikasi dengan cara purwarupa pesawat pertama dan kedua jenis N219 Nurtanio guna menjalani serangkaian tes berbeda. (*)

#Menteri Perhubungan #Budi Karya Sumadi
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan