Menteri M Nasir Tegaskan Tragedi Mapala UII sebagai Peringatan Menristekdikit M Nasir di Yogyakarta (MP/Fredy Wansyah)

Menristekdikti M Nasir melakukan kunjungan ke Yogyakarta, Kamis (26/1), terkait kekerasan Mapala UII yang menyebabkan 3 mahasiswa tewas. Kunjungan ini guna melakukan koordinasi dengan para pimpinan Univeristas Islam Indonesia (UII), Kopertis, dan pihak yayasan.

Usai mengadakan pertemuan tertutup, Menteri M Nasir beserta Rektor UII mengadakan konferensi pers di Kantor Kopertis, Jalan Tentara Pelajar, Kota Yogyakarta. Dalam paparannya, M Nuh Nasir menyampai beberapa poin penting. Di antaranya, jaminan kepada seluruh korban yang masih dirawat di rumah sakit, penyelesai kasus hingga tuntas, penegasan tidak adanya lagi tindakan kekerasan di tingkat universitas, serta mengapresiasi keputusan Rektor UII Harsoyo mengundurkan diri.

"Untuk perguruan tinggi lain, ini menjadi contoh. Supaya tidak ada lagi kekerasan," kata M Nasir.

Menristekdikti M Nasir
Menristekdikti M Nasir di Yogyakarta (MP/Fredy Wansyah)

Terkait mundurkan Harsoyo, M Nasir mengaku dirinya mengapresiasi positif. Dia juga menyatakan telah meminta Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti mengingatkan seluruh rektor universitas di Indonesia agar tidak ada lagi kekerasan. "Ini peringatan bagi rektor lain," tegasnya.

Usai mengadakan pertemuan dan konferensi pers, M Nasir mengunjungi keluarga korban Syaits Asyam di Jetis, Sleman, DI Yogyakarta. Dia menyampaikan ungkapan bela sungkawa kepada orangtua Syaits. Selain itu, dia juga menjenguk korban kekerasan Mapala Unisi lainnya yang masih dirawat di RS JIH, Kota Yogyakarta.

Dalam pertemuan dengan korban tersebut, M Nasir mendengarkan keluhan korban. Bahkan, salah seorang korban mencerita detail tindakan yang dialaminya selama pendidikan Mapala Unisi di Gunung Lawu, Tawangmangu, Jawa Tengah.

Berita ini berdasarkan laporan Fredy Wansyah, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Terkait kasus kematian Mapala UII sudah dibahas dalam artikel: Kekerasan Menjatuhkan Marwah Perguruan Tinggi



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH