Menteri Haji dan Umrah Arab Sebut Jamaah Asal Indonesia Jadi Prioritas

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 23 November 2021
Menteri Haji dan Umrah Arab Sebut Jamaah Asal Indonesia Jadi Prioritas
Pertemuan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, di Mekah, Senin (22/11). (Humas Kemenag)

MerahPutih.com - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menggelar pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah di Mekah, Arab Saudi, Senin (22/11). Keduanya membahas mengenai umrah bagi jemaah asal Indonesia.

Yaqut menegaskan, pembicaraan dengan otoritas haji dan umrah Arab Saudi mengalami kemajuan yang menggembirakan.

Baca Juga:

Kepala Staf Kepresidenan Bantah Isu Dana Haji Dipakai Pemerintah

“Menteri Tawfiq mengatakan bahwa Indonesia adalah prioritas dalam masalah haji dan umrah,” ujar Yaqut dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (23/11).

Hasil pertemuannya dengan Menteri Haji Saudi cukup progresif dan efektif. Hal itu tidak terlepas dari pertemuan pendahuluan yang telah dilakukan oleh tim dari Kementerian Agama dengan Wakil Menteri Haji Arab Saudi.

“Kita sangat berharap semoga hal itu (pelaksanaan umrah bagi jemaah Indonesia) tidak lama lagi,” ucap dia.

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: Tarik Dana Haji, Warga Tidak Bisa Berangkat Seumur Hidup

Kedua belah pihak juga akan terus melakukan komunikasi secara intensif. Kemenag akan menyusun skenario dan timeline pemberangkatan jemaah umrah, dengan penerapan protokol kesehatan sebagai aspek paling penting dalam pengaturan penyelenggaraan.

Rumusan itu selanjutnya akan disampaikan kepada Kementerian Haji Saudi untuk dipelajari. Hal itu juga mendapat apresiasi dari Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.

"Kita berharap semoga persiapan lanjutan, baik di Saudi dan tanah air, bisa segera selesai sehingga penyelenggaraan umrah bisa segera dibuka,” beber dia.

Baca Juga:

Kepala Staf Kepresidenan Bantah Isu Dana Haji Dipakai Pemerintah

Selain membahas penyelenggaraan umrah, dalam pertemuan juga dibahas upaya peningkatan kerja sama bilateral dalam bidang haji dan umrah.

“Kami memiliki visi yang sama dalam meningkatkan kerja sama seperti di bidang manasik haji atau penyuluhan secara terpadu,” tandasnya. (Knu)

#Breaking #Calon Haji #Ibadah Haji #Jemaah Haji #Asrama Haji #Lebaran Haji #Sejarah Haji #Jamaah Haji
Bagikan
Bagikan