Menteri ESDM Pastikan Pasokan Listrik Aman sampai Tahun Baru Menteri ESDM Ignasius Jonan. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)

MerahPutih.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan pasokan listrik saat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, terutama di Jawa dan Bali aman.

"Ini kami melihat kesiapan pasokan listrik yang akan digunakan operasi saat Natal dan Tahun Baru," katanya saat meninjau PT PLN (Persero) Area Pengatur Beban (APB) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Ungaran, Kabupaten Semarang, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (13/12).

Jonan menjelaskan, Jateng sebagai salah satu destinasi wisata termasuk Yogyakarta, DIY, biasanya kebutuhan listrik untuk kegiatan Natal dan Tahun Baru meningkat.

"Biasanya, memang kalau daerah wisata begitu. Jateng, salah satu satu destinasi wisata, termasuk DIY. Makanya, ini dilihat pasokannya cukup apa enggak, dan sebagainya," katanya.

Ilustrasi pembangkit listrik (ist)
Ilustrasi pembangkit listrik (ist)

Dari hasil tinjauannya itu, kata dia, dipastikan pasokan listrik dari PLN aman untuk mendukung berbagai kegiatan yang biasanya banyak digelar saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Kata temen-temen PLN, banyak industri besar nanti mengurangi aktivitas. Jadi, (pasokan listrik) bisa digunakan tambahan di tempat lain untuk kegiatan Natal dan Tahun Baru," katanya.

Untuk cadangan listrik, kata dia, telah disiapkan kurang lebih 30 persen sehingga semestinya tidak akan terpengaruh dengan adanya lonjakan kebutuhan saat Natal dan Tahun Baru.

"Interkoneksinya ini kan Jawa-Bali. Mestinya, dengan cadangan kurang lebih 30 persen mestinya tidak ada masalah. Termasuk, kalau ada perbaikan yang sifatnya insidental," katanya.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN (Persero) Amir Rosidin mengatakan petugas PLN akan disiagakan di pusat-pusat listrik, seperti gardu induk.

"Petugas kami 'stand by'-kan di pusat-pusat, gardu induk dan pada saat acara di lokasi acara (Natal dan Tahun Baru, red.). Beban kta totalnya untuk Jawa 27.700 megawatt," katanya.

Selama periode Natal dan Tahun Baru 2018/2019, kata dia, dipastikan tidak ada pemeliharaan jaringan, transmisi, dan gardu induk distribusi, termasuk pemadaman listrik.

"Saat Natal dan Tahun Baru tidak ada pemeliharaan. Jadi, 20 Desember 2018 itu terakhir pemeliharaan jaringannya, nanti dilakukan lagi pada 5 Januari 2019," kata Amir.



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH