Menteri Agama Sarankan Sukmawati Minta Maaf Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

MerahPutih.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin buka suara terkait Puisi berjudul "Ibu Indonesia" yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri.

Dalam puisi itu, Sukmawati menyinggung syariat Islam, termasuk penggunaan cadar hingga menyebut suara azan kalah merdu dengan kidung.

Lukman menyarankan, Sukmawati untuk segera meminta maaf. Pasalnya, puisi yang disampaikan putri Proklamator RI Soekarno itu dianggap menyinggung umat Islam.

"Bagi saya akan lebih baik kalau Ibu Sukmawati dengan jiwa besar bisa menyampaikan permohonan maaf, kepada mereka yang merasa tidak nyaman dengan puisinya," kata Lukman kepada wartawan, Rabu (4/4).

Sukmawati
Sukmawati Soekarnoputri. Foto: MP/Fadhli

Lukman meyakini, bahwa Sukmawati tidak bermaksud untuk melukai perasaan umat Islam. Terlebih, politisi Partai Persatuan Pembangunan ini sudah mengenal adik dari Megawati Soekarnoputri itu sejak lama.

"Beliau saya yakin tidak ada itikad sedikitpun untuk mengusik kenyamanan perasaan umat Islam, apalagi melecehkan," tuturnya.

Lebih lanjut Lukman berharap masyarakat dapat memaafkan Sukmawati. Sehingga persoalan yang berkaitan dengan umat Islam bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

"Selain itu juga saya berharap kita bisa memaafkan, dan bisa menerima apa yang dilakukan oleh Ibu Sukmawati," pungkasnya. (Pon)

Baca juga: Sukmawati Sesenggukan Minta Maaf ke Umat Islam



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH