Menteri Agama Pastikan Pembukaan Pesantren Dilangsungkan Bertahap Santri salah satu pondok pesantren di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sebelum pandemi virus corona. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

MerahPutih.com - Menteri Agama Fachrul Razi masih mendalami dan mencari solusi terbaik untuk mengaktifkan kembali keberadaan pondok pesantren yang jumlahnya lebih dari 28 ribu di Indonesia.

Menurut Fachrul, nantinya pembukaan pesantren bakal dilakukan secara bertahap.

Baca Juga:

Jakarta Dinilai 'Belum Pantas' Menerapkan New Normal

"Secara bertahap memang dimungkinkan untuk membuka kembali pesantren," kata Fachrul dalam keteranganya, Kamis (28/5).

Ia berujar, untuk membuka sarana pendidikan itu perlu waktu dan kajian matang.

"Namun, ini perlu kehati-hatian jangan sampai banyak santri di pesantren terjangkit Covid-19 usai dibuka kembali. Dan, ini sangat ditekankan oleh Presiden Joko Widodo. Untuk madrasah dan PTKI, sesuai dengan kebijakan Kemendikbud," kata purnawirawan Jenderal bintang empat ini.

Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Lawan COVID-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad (kiri) bertemu Menteri Agama Fachrul Razi, di Kantor Kemenag, Jakarta, Kamis. (Istimewa)
Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Lawan COVID-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad (kiri) bertemu Menteri Agama Fachrul Razi, di Kantor Kemenag, Jakarta, Kamis. (Istimewa)

Selain pesantren, Menag mengaku ada usulan agar rumah ibadah difungsikan kembali dalam rangka menyambut new normal.

"Dan usulan tersebut disarankan atau kebijakannya diserahkan kepada kepala daerah mulai dari gubernur, bupati, wali kota hingga pihak kecamatan," sambung dia.

Baca Juga:

New Normal Bikin Kehidupan Masyarakat Dikalahkan untuk Kepentingan Ekonomi

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI sekaligus Koordinator Satgas Lawan COVID-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan, mendukung kesiapan pemerintah dalam new normal. Selain itu, DPR ingin memastikan kesiapan pelaksanaan kebijakan itu.

"Kunjungan kami ini dalam rangka mendukung program dan kesiapan pemerintah menghadapi new normal di perkantoran dan lembaga pemerintah sekaligus memastikan kesiapan tersebut," ujar Sufmi Dasco. (Knu)

Baca Juga:

Nasib Miris Pewarta Foto di Tengah COVID-19: PHK Hingga Pemotongan Gaji



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH