Mentan Kunjungi dan Puji Petani Bawang Solok Sumbar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 14 Juni 2023
Mentan Kunjungi dan Puji Petani Bawang Solok Sumbar
Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo melakukan peninjauan kawasan pengembangan bawang merah di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu (14/6/2023). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

MerahPutih.com - Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengunjungi kawasan pengembangan bawang merah di Kabupaten Solok, Sumbar, Rabu (14/6).

Mentan menilai, para petani di Kabupaten Solok berhasil memajukan sektor pertanian selama dua tahun terakhir.

"Saya kagum langkah yang ada di Solok, Sumatera Barat, yang begitu cepat karena dalam dua tahun bisa mengimbangi petani-petani di daerah lain," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga:

Kementan Bagikan 4 Ton Benih Padi Hadapi Kekeringan

Bagaimana pun, sambung dia, petani-petani di Pulau Jawa agresif dalam mengembangkan sektor pertanian termasuk dalam hal koperasi. Di Sumatera Barat khususnya di Solok hal demikian juga dijumpai.

Menurutnya, pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian bersama Pemprov Sumatera Barat dan Pemkab Solok akan mendorong sebuah konsepsi sistem pertanian terpadu di provinsi itu.

"Integrated farming ini akan mendorong macam-macam jenis pertanian dalam sebuah konsepsi yang tertata," jelas dia, seperti dikutip Antara.

Baca Juga:

Kementan Perintahkan Petani Tanam Pagi Gogo Hadapi Kekeringan

Konsep sistem pertanian terpadu tersebut tidak hanya dibutuhkan bagi Provinsi Sumatera Barat, namun juga bagi provinsi lainnya di tanah air sehingga semua daerah akan didorong untuk mengimplementasikannya.

Mentan mengatakan, sistem pertanian terpadu juga menjadi strategi bagi pemerintah khususnya sektor pertanian dalam menghadapi dampak El Nino, perubahan iklim dan lainnya.

Syahrul Yasin Limpo juga menilai, Kabupaten Solok mempunyai sumber daya alam yang menjanjikan terutama sektor pertanian untuk terus dikembangkan.

"Di Solok ini ada danau, lahan sangat subur ditambah pemerintah daerahnya yang agresif mendorong optimalisasi pemanfaatan lahan," ucap dia. (*)

Baca Juga:

Vietnam Pangkas Ekspor, Mentan Yakin Stok Beras Cukup

#Syahrul Yasin Limpo #Kementan #Petani
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan