Mentan Amran Sulaiman Lolos dari Reshuffle Kabinet?

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 24 Juni 2019
Mentan Amran Sulaiman Lolos dari Reshuffle Kabinet?
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman. Foto: MP/Kanugrahan

Merahputih.com - Sejumlah nama menteri disebut bakal direshufle di pemerintahan kedua Joko Widodo. Hal ini tak lepas dari target tinggi Jokowi setelah hampir dipastikan bakal menjabat kembali.

Anggota Komisi IV DPR Fraksi PPP Hasanudin menilai baru Menteri Pertanian, Amran Sulaiman yang aman dari ancaman pergantian menteri. Pasalnya, Amran mampu menggebrak sektor pertanian secara cepat dan tepat.

Gebrakan itu antara lain ditandai dengan pencapaian swasembada beberapa komoditas pangan utama seperti beras, jagung, cabe dan bawang merah.

"Inilah komponen yang berpengaruh dalam menekan angka kemiskinan di masyarakat," katanya di Jakarta, Senin (24/6).

BACA JUGA: Reaksi Bamsoet Sikapi Isu Reshuffle Kabinet

Hasanuddin mengatakan, capaian swasembada juga terjadi pada tataran makro, dimana stabilitas harga pangan mempengaruhi besaran inflasi. Kondisi ini, yang selanjutnya mempermudah kebijakan fiskal untuk mendorong pertumbuhan sektor riil.

"Makanya jangan heran, jika Kementerian Pertanian selama tiga tahun terakhir berhasil mendapatkan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian)," katanya.

Meski demikian, kata Hasanuddin, berbagai keberhasilan ini tidak mungkin tercapai bila Kementan tidak mendapat dukungan dari lembaga terkait, serta peranan Pemerintah Daerah yang semakin desentralisasi. "Demikian juga dari sisi harga jual, stabilitas harga terutama saat panen raya, hanya akan terwujud bila didukung oleh kebijakan yang sejalan di Kementerian Perdagangan dan BULOG," katanya.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Menteri Pertanian Amran Sulaiman. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Hasanuddin menambahkan, ke depan pembangunan pertanian harus dikelola oleh Kementerian setingkat Menko agar fungsi koordinasi dapat lebih mudah dilakukan, atau tetap dikelola Kementerian Pertanian, namun dengan pemimpin yang selevel Amran.

"Sebab beliau (Amran Sulaiman) secara pribadi maupun menteri terbukti nyata telah mencurahkan seluruh hidupnya untuk pembangunan pertanian. Beliau juva mampu menggerakan seluruh komponen bangsa di pusat dan daerah untuk mendukung gerak pembangunan pertanian. Karena itulah, sudah saatnya, Amran kembali dipercaya menjadi Menteri Pertanian," katanya.

BACA JUGA: Pukat UGM Dorong Presiden Reshuffle Menteri Terindikasi Korupsi

Anggota komisi IV lainya, Rahmad Handoyo menilai banyak kemajuan dan peningkatan yang signifikan pada sektor pertanian, khususnya dibawah pimpinan Andi Amran Sulaiman.

"Padahal anggaran Kementan sejak tahun 2014 terus turun. Tapi selama ini kami mencatat bahwa PDB naik dan inflasi turun. Capaian ini hanya bisa dilakukan oleh menteri seperti pak Amran," tandasnya. (Knu)

#Amran Sulaiman #Reshuffle Kabinet Jokowi-JK #Reshuffle Kabinet
Bagikan
Bagikan