Mensos: Pastikan Kebersihan Sarana Pengungsian Gunung Agung

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Minggu, 24 September 2017
Mensos: Pastikan Kebersihan Sarana Pengungsian Gunung Agung
Gunung Agung di Bali (Foto: canvasindonesia)

MerahPutih.com - Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa meminta kepada petugas di sentra-sentra pengungsian korban terdampak erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali memastikan kebersihan sarana dan fasilitas sekitar pengungsian.

"Pemetaan titik-titik pengungsian sangat penting, kemudian yang saya selalu komunikasikan tolong cek sanitasinya, tolong cek sarana MCK (mandi cuci kakus)-nya," kata Mensos usai membuka Jambore Kampung Siaga Bencana (KSB) se-Daerah Istimewa Yogyakarta di komplek Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Difabel (BRTPD) Pundong Bantul, Sabtu (23/9) kemarin.

Menurut Mensos, kebersihan sarana dan fasilitas di lokasi pengungsian sangat penting dijaga untuk memberikan rasa nyaman, mengingat dalam satu titik pengungsian ada ratusan hingga seribuan pengungsi karena dampak erupsi Gunung Agung beberapa hari lalu.

"Karena apa, pada saat di satu titik misalnya, kemudian ada seribu orang dan itu dalam waktu lima sampai 10 hari berada di situ, makanya biasanya sanitasi air bersih dan MCK akan jadi masalah. Maka saya minta dikomunikasikan," kata Mensos.

Khofifah juga mengatakan, untuk mendukung operasional petugas atau relawan dalam membantu pengungsi erupsi Gunung Agung di tempat pengungsian, Kementerian Sosial (Kemensos) akan menempatkan tujuh mobil dapur umum lapangan dan kemungkinan akan ditambah.

"Saya juga minta untuk disiapkan dapur umum lapangan, dan kalau itu masih belum cukup, maka (dapur umum lapangan) yang dari Lombok (Nusa Tengga Barat/NTB), bisa dideploy ke Karangasem. Jadi seperti itu," katanya.

Menteri menjelaskan, dalam penanggulangan bencana erupsi Gunung Agung di Karangasem Bali yang menjadi koordinoator utamanya tetap dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), evakuasi dilakukan oleh Badan SAR Nasional (Basarnas) serta satgas oleh Bupati Karangasem.

"Saat ini tim di sana masih mendata titik-titik pengungsian setelah kenaikan status Gunung Agung dari siaga III ke awas, atau proses evakuasi yang kemarin dari tujuh kilometer, naik jadi 9 kilometer masuk zona merah. Jadi kita akan ikuti arahan, supaya semua bisa terevakuasi dengan baik," katanya. (*)

Sumber: ANTARA

#Mensos #Khofifah Indar Parawansa #Menteri Sosial #Gunung Agung
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan