Menpora Tindak Lanjuti Usulan KOI soal Diskresi Pelaku Olahraga dari Luar Negeri

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 19 Januari 2022
Menpora Tindak Lanjuti Usulan KOI soal Diskresi Pelaku Olahraga dari Luar Negeri
Menpora Zainudin Amali bersama Ketua KOI Raja Sapta Oktohari dan Ketua Umum KONI. Foto: NOC Indonesia

MerahPutih.com - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengusulkan kepada pemerintah agar dapat memberikan diskresi terkait karantina bagi para pelaku olahraga yang datang dari luar negeri.

Diskresi yang dimaksud berupa kewenangan untuk menjalani karantina dengan kebijakan yang berbeda, di antaranya karantina dengan menerapkan sistem gelembung yang biasa digunakan dalam kejuaraan olahraga.

Baca Juga

NOC Indonesia Usul Sistem Bubble Karantina Pelaku Olahraga dari Luar Negeri

Menanggapi usulan tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali akan menindaklanjuti usulan KOI agar bisa dibahas di Rapat Terbatas, pekan depan.

“Sesuai arahan BNPB, kami diminta menyampaikan surat kepada Presiden RI Joko Widodo aagar bisa dibahas di Rapat Terbatas dalam waktu dekat sehingga mereka memiliki landasan. Secapatnya saya akan sampaikan aspirasi stakeholder dan cabang olahraga kepada Presiden,” kata Menpora dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (19/1)

Menpora menyampaikan, Indonesia sempat menerapkan aturan tersebut pada Indonesia Badminton Festival di Bali, November-Desember tahun lalu.

“Ada pengalaman kita ketika melakukan kegiatan bulutangkis di Bali akhir tahun lalu. Saya kira itu sukses. Sehingga keinginan-keinginan dari peserta (kejuaraan) yang datang ke Indonesia nanti juga bisa dilakukan seperti itu,” ujarnya.

Baca Juga

RI Hapus Larangan Masuk WNA 14 Negara Omicron Hingga Aturan Baru Karantina

Sementara itu, Ketua KOI Raja Sapta Oktohari mengatakan, perjalanan distinguished person di olahraga internasional bisa menggunakan sistem bubble. Dengan catatan sudah vaksin dan negatif PCR test setibanya di bandara.

“Terkait durasi karantina dan detailnya, saya serahkan kepada ahlinya. Saya pribadi yakin karena pemerintah kalau dalam urusan olahraga pasti memberikan keputusan yang cepat semoga kita segera mendapatkan jawaban,” tambah Okto,” tambah Okto.

Usulan NOC Indonesia juga disambut baik oleh federasi nasional. Lima federasi nasional hadir dalam rapat yaitu, Perbakin, PSSI, PELTI, PODSI, dan PABSI. Mereka satu suara untuk meminta kelonggaran masa karantina bagi pelaku olahraga. (*)

Baca Juga

Kapolri Peringatkan Petugas Tak Kecolongan Awasi Karantina Wisatawan di Bali

#Komite Olimpiade Indonesia(KOI) #Komite Olimpiade Indonesia #Zainudin Amali
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan