Menpora tak Rekomendasikan Kompetisi Olahraga Dihadiri Suporter

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 13 April 2021
Menpora tak Rekomendasikan Kompetisi Olahraga Dihadiri Suporter
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke tiang gawang sebelum pertandingan Piala Menpora di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/3/2021). Foto ANTARA

MerahPutih.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan tidak akan merekomendasikan kompetisi olahraga yang menghadirkan penonton meski dalam jumlah terbatas.

Hal itu disampaikan politisi Partai Golkar itu menanggapi wacana yang belakangan muncul soal kemungkinan ajang olahraga dapat dihadiri penonton sejumlah 20-30 persen dari kapasitas stadion.

"Sampai saat ini kami belum (memberikan rekomendasi) karena kami belum diskusikan. Saya tidak mau gegabah karena sekarang ini pelaksanaan kegiatan Piala Menpora alhamdulillah sampai sekarang sudah memasuki semifinal, prokesnya terjaga," ucap Zainudin di Jakarta, Senin (12/4)

Menpora Zainuddin Amali. Foto: ANTARA

Sejauh ini hanya ada dua kompetisi olahraga besar Tanah Air yang sudah mulai bergulir, yakni Piala Menpora dan Liga Bola Basket Indonesia (IBL).

Kedua kegiatan tersebut sampai saat ini digelar tanpa penonton. Menurut Zainudin, yang terpenting saat ini adalah bagaimana setiap kompetisi olahraga Tanah Air bisa tetap terselenggara tanpa adanya kasus positif COVID-19 di antara para pesertanya.

Kasubbid Tracing Satgas COVID-19, Koesmedi Priharto menjelaskan, memutar kompetisi dengan menghadirkan penonton ke stadion terlalu berisiko.

Keberadaan COVID-19, kata dia, masih mengkhawatirkan, termasuk mutasi virusnya yang bisa membuat beberapa negara yang tadinya kurva penularannya menurun malah naik lagi "

Virus ini cukup ganas, menyebabkan banyak kematian dan penularan, biaya yang sudah dikeluarkan juga tidak sedikit,” ujarnya

“Kami mengimbau tetap patuh protokol kesehatan. Kami tahu ada beberapa olahraga yang suporternya sukar untuk dikendalikan, tetapi ada juga mereka-mereka yang mudah dikendalikan," pungkasnya. (Knu)

#Zainudin Amali
Bagikan
Bagikan