Menpora Restui Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 10 Februari 2022
Menpora Restui Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat
Menpora Zainudin Amali bersama Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Shin Tae-yong. (Kemenpora)

MerahPutih.com - Keinginan Shin Tae-yong agar timnas Indonesia diperkuat dua pemain naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat akhirnya terwujud.

Ini berdasarkan hasil pertemuan Menpora Zainudin Amali beserta Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan dan jajaran, serta pelatih Shin Tae-yong. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis (10/2).

Baca Juga

Izin Orang Tua Jadi Alasan Mees Hilgers dan Kevin Diks Batal Dinaturalisasi

"Saya baru saja memimpin rapat tentang permohonan dari PSSI kebutuhan naturalisasi pemain untuk tim nasional. Karena yang kita ingin bangun adalah sepak bola nasional. Kita ada Inpres nomor 3 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan sepak bola nasional, kita lebih mengutamakan pembinaan. Tetapi karena juga ada kebutuhan untuk tim nasional dan sekaligus kita ingin memperbaiki peringkat Timnas kita di FIFA sehingga mau tidak mau kita harus membutuhkan satu tim nasional yang kuat," kata Menpora di Jakarta, Kamis.

"Kita membagi, pemerintah akan membantu tentang proses secara administrasi. Tetapi yang menyiapkan administrasi adalah federasi, mencari tahu, menelusuri benar tidak mereka berdarah Indonesia itu menjadi tugasnya federasi. Kemudian secara teknis itu adalah rekomendasi dari pelatih sekarang pelatih tim nasional kita adalah Sin Tae Yong," ujarnya.

Baca Juga

Ranking FIFA Indonesia Naik Tajam

Sementara itu, Mochamad Iriawan menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan pemerintah karena telah membantu proses naturalisasi Jordi dan Sandy.

"Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada pak Menpora, memimpin rapat hari ini merespon usulan dari pelatih Shin Tae-yong melalui kami," tutur Iriawan.

Iriawan menjelaskan, awalnya ada 4 pemain yang diajukan oleh Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Namun hanya Jordi Amat dan Sandy Walsh yang sudah konfirmasi bergabung timnas. Sementara dua pemain lainnya yakni Mess Hilgers dan Kevin Diks belum bersedia dan masih dilakukan komunikasi.

"Semua naturalisasi yang diminta Shin Tae Yong kami meneruskan kepada pemerintah untuk membantu segera proses kewarganegaraan untuk bisa bergabung dengan Timnas kita," jelasnya.

PSSI menargetkan Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022 mendatang. Namun, target ini tak akan mudah mengingat proses ini harus mendapat persetujuan DPR RI, Kementerian Hukum dan Ham RI, serta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). (Bolaskor)

Baca Juga

Hanya Sandy Walsh dan Jordi Amat yang Dinaturalisasi, Mees Hilgers serta Kevin Diks Dicoret

#Zainudin Amali #PSSI #Shin Tae-yong
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan