Menpora: Industri Sepak Bola Harus Digerakkan dari Sekarang

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 21 Maret 2021
Menpora: Industri Sepak Bola Harus Digerakkan dari Sekarang
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (tengah) membuka Piala Menpora di Stadion Manahan Solo, Minggu (21/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Piala Menpora 2021 resmi dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (21/3).

Laga perdana grup A dibuka antara Arema vs Persikabo 1973 yang berakhir dengan skor 1-1.

Pembukaan turnamen pra musim tersebut ditandai dengan membunyikan sirene oleh Menpora Zainudin, Ketum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Acara pembukaan Piala Menpora dilaksanakan sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Baca Juga:

Persib Ajak Bobotoh Nonton Piala Menpora 2021 di Rumah

"Terima kasih kepada masyarakat pecinta sepak bola yang menonton pertandingan dari rumah karena situasi masih pandemi," ujar Menpora Zainudin.

Dikatakannya, sepak bola nasional selama setahun lebih berhenti akibat pandemi. Piala Menpora ini sebagai penanda dimulainya sepak bola nasional sebagai ajang pramusim klub Liga 1.

"Piala Menpora ini sebagai pembuka. Diharapkan setelah ini kompetisi Liga 1 dan Liga 2 kembali bergulir," ucap.

Piala Menpora, kata dia, sebagai penanda industri sepak bola harus mulai digerakkan kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.

"Industri sepak bola harus mulai digerakkan dari sekarang. Sepak bola bisa maju jika semua memberikan dukungan," kata dia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (tengah) membuka Piala Menpora di Stadion Manahan Solo, Minggu (21/3). (MP/Ismail)
Menpora Zainudin Amali (tengah), Ketum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule (kanan) dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat laga perdana Piala Menpora di Stadion Manahan Solo, Minggu (21/3). (MP/Ismail)


Ia menegaskan, semua pemangku kepentingan, mulai dari pemilik klub, suporter dan masyarakat harus saling dukung. Bahkan, federasi, PSSI, dan Komite Eksekutif (Exco) juga harus terlibat dalam dunia industri sepak bola.

"Mari kita buktikan jika semua stakeholder sepak bola mampu menyelenggarakan sepak bola dengan protokol kesehatan yang disiplin," kata dia.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menambahkan, Piala Menpora ini sebagai tolok ukur kesuksesan melaksanakan sepak bola nasional.

Ia berharap, semua pihak yang terlibat dalam sepak bola bisa saling mendukung dalam menyiapkan sarana dan prasarana sepak bola.

"Kami berterima kasih kepada Menpora dan Polri yang telah memberikan izin Piala Menpora. Komitmen kami mematuhi aturan protokol kesehatan," tutup dia.

Baca Juga:

Pertandingan Perdana Piala Menpora, Penerapan Prokes Jadi Pertaruhan


Berakhir Imbang

Sementara itu, pada laga perdana Piala Menpora Arema vs Tira Persikabo Berakhir Imbang dengan skor 1-1.

TIRA Persikabo, unggul terlebih dulu pada menit ke-11 melalui Ahmad Nufiandani yang memanfaatkan kemelut di gawang Arema FC.

Arema FC baru mampu membalas ketertinggalan delapan menit jelang laga bubar. Gol Arema FC dicetak Niat Gufroni Al Maruf.

Gol tercipta saat pemain lawan membuang bola malapetaka karena sepakannya mengenai kepala Dendi Santoso yang akhirnya masuk ke gawang Persikabo. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Indonesia Didepak dari All England, DPR Minta Kemenpora-PBSI Evaluasi Diri

#Zainudin Amali #Piala Menpora #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan