Menperin, Para Traveling Mampu Promosikan Batik Batik Merak Ngibing Asal Garut (Indonesia)

Merahputih Bisnis - Batik yang merupakan ciri khas kebudayaan Indonesia harus kita lestarikan. Menteri Perindustrian Saleh Husin mengajak masyarakat untuk mendorong masyarakat untuk melestarikan batik sebagai identitas budaya Idonesia. Ia mengatakan sasaran utama trend travelling sebagai pemicu untuk mengembangkan batik di Indonesia. Bisa saja mereka dapat mengoleksi batik Nusantara yang saat ini semakin beragam dengan corak unik sebagai suvenir.

"Mari kita perbanyak koleksi baju motif batik setiap traveling ke lain daerah sehingga pengembangan batik- batik Nusantara makin bergairah," kata Saleh saat ditemui di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta selatan, Kamis (1/10).

Menurut Saleh Husin, dengan memakai batik dari sejumlah daerah penghasil batik dapat memperkenalkan viral dan kebanggan personal seseorang yang pernah berkunjung ke daerah tersebut.

Setiap daerah memiliki batik yang berbeda-beda, memiliki nama dan keunikan masing masing disetiap goresan, maka seharusnya kita harus menjaga dan melestarikan batik seperti yang dijelaskankan Saleh Husin.  

"Seharusnya kita bisa menjaga dan melestarikan dengan membeli atau menggunakan batik sehingga UKM batik mampu terus berkarya dalam menciptakan batik tradisional dan batik kontemporer," jelasnya.

Seperti diketahui, batik memiliki World Heritage yang terdapat pada kainnya. Selain itu, bila dilihat dari proses pembuatannya batik memiliki seni tinggi pada saat pengerjaan. Disisi lain, Dari sisi motif Batik Indonesia memiliki esensi filosofi, desain yang menari. Sehingga batik menjadi ciri khas sert identitas Indonesia yang dikenal oleh dunia. (Abi)

 

Baca Juga:

  1. Batik Pekalongan Kombinasi China Dihargai Ratusan Juta
  2. Batik Khas Lamean, Diburu Kolektor Hingga Ratusan Juta
  3. Batik Klasik Solo, Pakaian Wajib Keraton Solo Berharga 8 Juta Rupiah
  4. Jusuf Kalla: Produksi Batik Tahun Ini Rp6 Triliun
  5. Merak Ngibing, Motif Batik Garut yang Paling Dicari


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH